Jalur Pendakian Gunung Prau yang Cocok untuk Pemula




Terdapat puluhan hingga ratusan nama gunung di Indonesia yang bisa kalian daki dengan bebasnya dan salah satu diantaranya adalah Gunung Prau. Gunung ini terletak di kawasan Dieng, Jawa Tengah dengan ketinggian 2.565 m dpl atau 8.415 kaki. Untuk mencapai wisata alam ini, ada beberapa jalur pendakian Gunung Prau untuk dilalui. Jalur tersebut memiliki tantangan tersendiri yang harus kalian taklukkan untuk mencapai puncaknya.


Jalur Pendakian Gunung Prau via wates

Jalur Pendakian Gunung Prau via wates

Beberapa Jalur Pendakian Gunung Prau Untuk Dilalui

Meskipun terbilang gunung dalam kategori memiliki ketinggian sedang namun wisata pendakian gunung prau patak banteng kabupaten wonosobo jawa tengah ini menyimpan pesona yang tidak kalah dari gunung-gunung lainnya di Indonesia. Untuk bisa melakukan pendakian dengan menikmati keindahan yang disuguhkannya, kalian dapat mendaki dengan beberapa jalur yang akan Cikasur informasikan secara lengkap.

  1. Via Patak Banteng

Jalur Pendakian Gunung Prau via patak banteng

Jalur Pendakian Gunung Prau via patak banteng

Untuk jalur pendakian gunung prau via patak banteng adalah jalur terfavorit para pendaki luar kota karena tepat di tepi jalan raya dan waktu tempuh ke puncaknya lebih pendek daripada jalur lainnya. Sebelum mendaki, kalian harus mendaftarkan diri di basecamp lalu untuk menuju pos 1 diperlukan waktu 15 menit kemudian melewati persawahan dan jalan berbentuk tangga untuk menuju pos 2 dalam waktu kisaran 15-30 menit.


Jalur Pendakian Gunung Prau via patak banteng 2

Jalur Pendakian Gunung Prau via patak banteng 2

Selanjutnya, kalian harus berjalan lagi menuju pos 3 sekitar 30-40 menit dan beristirahatlah sejenak sekitar 15 menit untuk mengisi tenaga. Perjalanan dilanjutkan menuju bukit teletubies yang terjal tanpa pegangan namun ketika sudah sampai bukitnya dengan waktu sekitar 45 menit, kalian akan melihat cantiknya bunga daisy dan keindahan lainnya. Butuh waktu 5 menit saja untuk mencapai puncak.

  1. Via Wates

gunung prau lewat wates

gunung prau lewat wates

Jika kalian lebih dekat dengan kabupaten Temanggung maka jalur pendakian gunung prau via wates bisa kalian lalui meskipun terbilang jarang dilalui para pendaki namun dicoba tidak ada salahnya bukan. Untuk mendaki Gunung Prau ini, kalian harus melalui basecamp terlebih dahulu untuk membayar Simaksi Rp. 10.000,00 kemudian menuju pos 1 selama 1 jam melewati ladang warga sekitar.

Setelah itu, jalur pendakian Gunung Prau ini membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mencapai pos 2/Cemaran dengan trek yang bervariasi. Perjalanan dilanjutkan ke pos 3/Sudung Dewo selama 30 menit dan menuju Camp Area diperlukan waktu 45 menit. Kelelahan kalian akan terbayar dengan luasnya puncak dan pemandangan yang menakjubkan dengan perjalanan 20 menit lagi.

  1. Via Kaliembu

Jalur Pendakian Gunung Prau via kaliembu

Jalur Pendakian Gunung Prau via kaliembu

Kalian ingin mendaki dengan tentram dan damai serta tidak terlalu ramai maka jalur pendakian gunung prau via kaliembu bisa kalian coba. Selain itu, jalur pendakian Gunung Prau ini lebih memakan waktu yang sebentar dibanding jalur lainnya. Pertama, kalian harus membayar Rp. 15.000,00 kemudian menuju pos 1 dengan melewati ladang dan jalan setapak dengan anak tangga.

puncak gunung prau

puncak gunung prau

Kemudian menuju pos 2 dengan indahnya bunga-bunga yang bermekaran di sepanjang kiri jalan. Selanjutnya menuju pos 3/pos Ranger dan Rescue, mengapa disebut pos Ranger? Karena selain tim penyelamat, pendaki tidak boleh membuat tenda. Untuk mencapai puncak, maka kalian harus menuju bukit teletubies seperti via patak banteng.

Jalur Pendakian Gunung Prau via kaliembu (2)

Jalur Pendakian Gunung Prau via kaliembu (2)

Dari beberapa jalur pendakian Gunung Prau diatas, bisa kalian coba salah satunya atau bisa juga menggunakan jalur pendakian gunung prau via dieng juga. Yang perlu kalian ketahui bahwa keselamatan sangatlah penting sehingga persiapkan semuanya dengan matang sebelum melakukan pendakian gunung apapun juga. Selain itu, kesehatan menjadi nomer satu sebelum mendaki, persiapkan kondisi badan yang fit supaya kegiatan mendaki berjalan lancar.



Leave a Reply