Semua Tentang Jalur Pendakian Gunung Papandayan




Tuhan telah menciptakan berbagai kekayaan alam yang bisa bermanfaat bagi manusia. Salah satu kekayaan yang telah diciptakan oleh Tuhan adalah gunung. Indonesia memiliki banyak barisian gunung dan pegunungan. Hal ini dikarenakan Indonesia terletak pada garis khatulistiwa dan sirkum pasifik. Dipulau Jawa juga teradapat banyak gunung. Salah satu gunung yang berada di pulau jawa adalah gunung papandayan. Gunung Papandayan memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan menakjubkan. Maka tak jarang banyak orang yang mendakinya. Untuk kalian yang ingin mendaki salah satu gunung di Jawa Barat ini, tentunya harus memperhatikan jalur pendakian gunung papandayan seperti yang akan dijelaskan dibawah ini.




Jalur pendakian gunung papandayan yang harus anda ketahui

Tidak usah berlama lama lagi, silahkan simak penjelasan dibawah ini tentang jalur pendakian gunung papandayan. Lets check it!

Basecamp Gunung Papandayan

Basecamp Gunung Papandayan




  1. Pos satu atau basecamp

Pos pendakian 1 sering disebut basecamp. Basecamp adalah tempat adalah pos pertama yang ada di setiap gunung untuk memulai pendakian. Di basecamp kamu bisa mempersiapkan segala kebutuhan  untuk mendaki ke salah satu gunung di jawa barat ini. Kamu juga bisa beristirahat untuk mempersiapkan tenaga untuk pendakian esok harinya.

Untuk mencapai basecamp kamu bisa menaiki ojek atau mobil pickup dengan biaya 10.000 sampai 30.000 saja. Jika kamu sudah mencapai basecamp, kamu bisa melihat batu besar dan mencium aroma kawah gunung papandayan. Setelah melewati basecamp, kamu akan melewati jalur ekstrim yaitu melewati jalur berbatu dan curam. Kamu harus melewati jalur ini agar sampai di pos 2.

Pondok Selada Gunung Papandayan

Pondok Selada Gunung Papandayan

  1. Pos dua atau pondok selada

Jalur pendakian gunung papandayan yang kedua adalah pondok selada. Sesampainya disini anda akan dimintai dana sumbangan sukarela. Jalur untuk ke pondok selada sangatlah landai dan sedikit berlumpur. Di pos 2 kamu bisa mendirikan tenda untuk sekedar berisitirahat sebelum melanjutkan perjalanan ke salah satu gunung di jawa barat ini.

Sambil mendirikan tenda, kamu juga disarankan untuk memasak makanan karena perjalanan untuk ke puncak gunung papandayan lumayan jauh.  Di pos dua ini juga terdapat kebun edelweis dan hutan mati, jadi kalian yang mendaki bisa berfoto disana.

Untuk mencapai puncak papandayan, anda bisa memilih untuk melewati hutan mati atau jalur yang memiliki trek dengan kemiringan 70 derajat. Bagi kamu yang belum profesional disarankan untuk memilih jalur melalui hutan mati. Hutan mati di gunung ini terbilang cukup mencekam dan menakutkan. Untuk pendaki yang melewati jalur ini disarankan tidak berkata kotor atau berbuat seronok.

Menuju Puncak Gunung Papandayan

Menuju Puncak Gunung Papandayan

Puncak papandayan

Setelah kamu melewati berapa jalur pendakian gunung papandayan, kamu akan mencapai puncak salah satu gunung di jawa barat ini. Kamu akan menjumpai pemandangan alam yang sangat indah dan menakjubkan yang membuat kamu betah berlama lama disana. For your information ya gengs, di gunung papandayan kamu juga bisa melihat matahari terbit.

Bagi kalian yang ingin melihat matahari terbit di salah satu gunung di jawa barat ini, kalian harus datang pagi pagi sekali. Kamu juga bisa melihat bunga edelweis yang tumbuh disana. Puncak papandayan cocok banget buat kamu yang suka foto foto di alam. Berfoto di puncak papandayan juga sangat instagenic banget buat kamu yang suka update.

Penjelasan diatas mengenai jalur pendakian gunung papadayan semoga bisa menjadi pengetahuan bagi kalian yang berencana mendaki ke gunung ini. Kalian harus ingat, sebelum mendaki kalian harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan lengkap dan matang.



Leave a Reply