5 Gunung Tertinggi di Jawa Barat Yang Aman Bagi Pemula




Indonesia memang memiliki barisan gunung dan pegunungan yang berlimpah. Mulai dari gunung berapi sampai gunung yang mati. Setiap provinsi di Indonesia memiliki gunung yang menjulang tinggi. Salah satu provinsi tersebut adalah Jawa Barat. Jawa barat memiliki beberapa gunung yang menjulang. Namun apakah kalian sudah mengetahui apa saja gunung tertinggi di jawa barat ? Jika kalian belum tau, disarankan untuk menyimak penjelasan berikut ini.




Urutan Gunung Tertinggi Di Jawa Barat Yang Harus Kamu Ketahui

Tidak usah berlama lama lagi, langsung saja kalian menyimak penjelasan di bawah ini. Lets check it!

Gunung Ciremai Jawa Barat

Gunung Ciremai Jawa Barat




  1. Gunung Ciremai

Gunung Ciremai adalah gunung tertinggi di jawa barat. Gunung ini terbentang di daerah Kuningan, Cirebon dan Majalengka. Salah satu gunung di jawa barat ini memiliki ketinggian sebesar 3.078 meter diatas permukaan air laut. Gunung ciremai termasuk salah satu gunung yang masih aktif.

Jadi nggak heran jika mendaki ke gunung ciremai kalian akan mencium bau kawah yang sangat menyengat. Gunung Ciremai juga memiliki taman nasional loh gengs. Taman nasional tersebut dinamakan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). TNGC memiliki luas kurang lebih 15 hektar. Kalian bisa datang kesini pada hari libur.

Gunung Pangrango Jawa Barat

Gunung Pangrango Jawa Barat

  1. Gunung Pangrango

Bagi kalian yang bertempat tinggal di Jawa Barat pastinya sering denger nama ‘gunung gede pangrango’. For your information ya gengs, gunung gede pangrango itu sebenarnya nggak ada. Yang ada itu Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Gunung tertinggi di Jawa Barat yang selanjutnya adalah Gunung Pangrango.

Gunung Pangrango sering disebut oleh masyarakat sekitar sebagai kembarannya Gunung Gede. Namun Gunung Pangrango memiliki ketinggian 3.019 meter diatas permukaan air. Bagi kalian para pemula sebaiknya mempersiapkan diri dengan matang sebelum mendaki gunung ini, karena selain tinggi juga memiliki jalur pendakian yang sulit.

Gunung Gede Jawa Barat

Gunung Gede Jawa Barat

  1. Gunung Gede

Satu lagi gunung tertinggi di Jawa Barat yaitu gunung gede. Seperti yang udah dijelasin diatas, Gunung Gede adalah kembaran dari Gunung Pangrango. Gunung Gede terbentang di tiga daerah yaitu Bogor, Sukabumi dan Cianjur. Gunung ini memiliki tinggi lebih rendah dari Gunung Pangrango yaitu 2.958 meter diatas permukaan air.

Gunung gede cocok banget buat kalian yang menjadi pendaki pemula. Hal ini dikarenakan jalur untuk menuju gunung gede nggak sulit dan nggak berbahaya. Jadi tunggu apalagi gengs?

Gunung Cikuray Jawa Barat

Gunung Cikuray Jawa Barat

  1. Gunung Cikuray

Nggak diherankan lagi, Garut emang salah satu kota di Jawa Barat yang punya banyak wisata alam seperti pantai, sungai dan gunung. Sekedar untuk pengetahuan ya gengs, kota Garut juga punya icon tersendiri loh. Salah satu iconnya adalah Gunung Cikuray. Gunung ini termasuk gunung tertinggi di Jawa Barat karena mempunyai ketinggian yang lumayan yaitu 2.818 meter diatas permukaan air laut. Bagi kalian yang ingin mendaki Gunung Cikuray disarankan menggunakan jasa tour guide ya gengs.

Basecamp Gunung Papandayan

Basecamp Gunung Papandayan

  1. Gunung Papandayan

Satu lagi icon dari kota Garut yaitu Gunung Papandayan. Gunung Papandayan termasuk gunung yang kecil dengan ketinggian 2.665 meter diatas permukaan air. Bagi kalian para pendaki pemula, gunung papandayan sangat disarankan untuk latihan pendakian. Gunung ini Cuma memiliki 3 pos pemberentian gengs, jadi nggak butuh waktu lama untuk mendaki gunung ini. Jalur untuk sampai di puncak papandayan juga sangat mudah gengs, jadi kalian gaperlu takut untuk kelelahan atau hiportemia.

Beberapa penjelasan tentang gunung tertinggi di Jawa Barat semoga bisa menjadi pengetahuan bagi kalian sebagai warga Indonesia khususnya warga Jawa Barat. Kalian bisa mendaki beberapa gunung diatas dengan bantuan tour guide atau warga sekitar.



Leave a Reply