15 Gunung di Jawa Barat Idola Para Pendaki




Jawa Barat menjadi tujuan pendakian yang asyik dan menyenangkan dengan gunung-gunung cantik yang tidak kalah menariknya dengan gunung-gunung yang ada di provinsi jawa tengah maupun gunung yang ada di jawa timur walaupun kebanyakan gunung di Jawa Barat memiliki tinggi di bawah 3000 meter dari permukaan laut.


Memang hanya ada dua gunung di Jawa Barat yang memiliki ketinggian di atas 3000 mdpl selebihnya gunung-gunung yang ada di Jawa Barat hanya memiliki ketinggian di bawah 3000 meter. Walaupun gunung di provinsi ini tidak memiliki ukuran yang sangat tinggi, akan tetapi tetap memuaskan mata anda dengan keindahan panoramanya.

Gunung di Jawa Barat dilihat dari Keeksotisannya

Jangan bingung dan ragu untuk mendaki gunung di Jawa Barat, karena kami akan memberikan informasi mengenai gunung di Jawa Barat untuk pendakian dengan keindahan panoramanya sehingga memberikan kesan eksotis dari keindahan alamnya. Yuk kita simak penjelasan mengenai keeksotisan gunung yang ada di Jawa Barat.

  1. Gunung Ciremai
Gunung Ciremai

Gunung Ciremai


Banyak sebutan untuk gunung yang satu ini ada yang menyebutnya “Cereme” ada pula yang menyebutnya ciremay. Gunung ini terletak di Barat  wilayah Majalengka, Jawa Barat dengan ketinggian mencapai 3.078 mdpl. Gunung Ciremai memiliki tiga jalur pendakian yang biasanya digunakan oleh para pendaki yaitu jalur Apuy, Linggarjati, dan Palutungan.

  1. Gunung Pangrango
Gunung Pangrango

Gunung Pangrango

Letak gunung Pangrango di wilayah Kabupaten Sukabumi, Bogor dan Cianjur dengan tinggi mencapai 3.019 mdpl. Untuk melakukan pendakian di gunung ini, kalian harus memiliki Surat Ijin Masuk Kawasan Konservasi karena gunung Pangrango ini termasuk tempat konvervasi.

  1. Gunung Gede
Gunung Gede

Gunung Gede

Gunung yang satu juga termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gede Pangrango loh. Banyak yang mengira bahwa Gunung Gede ini adalah gunung Pangrango, tetapi sebenarnya kedua gunung tersebut adalah dua gunung yang berbeda, hanya saja kedua gunung tersebut sama-sama gunung yang terletak di kabupaten bogor, gunung ini memiliki ketinggian hingga mencapai 2.958 mdpl.

  1. Gunung Cikuray
Gunung Cikuray

Gunung Cikuray

Gunung Cikuray merupakan salah satu gunung di Jawa Barat dengan ketinggian 2.821 mdpl, terletak wilayah Kabupaten Garut Jawa Barat. Keindahan alam gunung Cikuray ini sangat cantik dengan background deretan gunung yang ada di Jawa Barat seperti gunung Papadayan dan Gunung Guntur.

  1. Gunung Papandayan
Pondok Selada Gunung Papandayan

Pondok Selada Gunung Papandayan

Gunung Papadayan masih ada di kawasan Garut dengan kepopulerannya di kalangan pendaki, gunung ini memiliki keindahan alam yang sangat istimewa. Selain itu gunung di Jawa barat bagi pemula ini memang memiliki medan atau yang biasa disebut jalur pendakian gunung ini yang cukup mudah bagi para pendaki pemula, walaupun begitu kalian harus tetap mematuhi panduan ketika mendaki gunung ya.

  1. Gunung Patuha
Gunung Patuha

Gunung Patuha

Kalian pasti pernah mendengar kawah yang bernama kawah putih ciwidey, objek wisata kawah tersebut adalah kawah yang ada di kawasan Gunung Patuha. Gunung ini terletak di wilayah Bandung Selatan, atau lebih tepatnya di Ciwidey. Gunung Patuha memiliki ketinggian mencapai 2.386 mdpl. Jalur pendakian Gunung Patuha dapat dilakukan melalui jalur  Cipanganten dan jalur Rancabali.

  1. Gunung Malabar
Gunung Malabar

Gunung Malabar

Gunung Malabar sebenarnya gunung berapi yang ada di Jawa Barat, terletak di kawasan Bandung Selatan. Gunung ini memiliki ketinggian hingga 2,343 mdpl. Ada beberapa puncak yang memiliki pesona keindahan gunung ini yaitu Puncak Haruman, Puncak Puntang dan Puncak Mega.

  1. Gunung Guntur
Gunung Guntur

Gunung Guntur

Konon gunung ini pernah menjadi gunung paling aktif pada seribu tahun lalu, gunung ini memiliki ketinggian mencapai 2.249 mdpl. Lokasi gunung ini berada di Keler, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Gunung ini tidak cocok bagi kalian pendaki pemula,  karena medan pendakiannya yang terjal.

  1. Gunung Salak
Gunung Salak

Gunung Salak

Gunung Salak salah satu daftar gunung di Bogor dengan tinggi mencapai 2.180 mdpl. Gunung salak mempunyai jalur pendakian atau medan yang cukup terjal. Gunung Salak sangat terkenal dengan kisah mistisnya yang sangat kental. Kalian yang ingin mendaki gunung ini dapat melalui jalur Salak dua, Sukamantri, dan Cidahu.

  1. Gunung Bukit Tunggul
Gunung Bukit Tunggul

Gunung Bukit Tunggul

Nah jika gunung Patuha dan Gunung Malabar terletak di Bandung Selatan, kali ini Gunung Bukit Tunggul terletak di Bandung Utara. Gunung Bukit Tunggul terletak di Maribaya, Lembang dengan ketinggian sampai 2208 mdpl. Jika kalian ingin melakukan pendakian gunung ini, kalian dapat lewat jalur Desa Pasirangling, Cibodas, Lembang.

  1. Gunung Kencana
Gunung Kencana

Gunung Kencana

Salah satu gunung yang ada di Bogor yaitu gunung Kencana  yang memiliki keindahan alam yang masih sangat asri. Letak gunung ini berada di kawasan Kecamatan Cisarua, Bogor. Gunung ini terbuka untuk umum sejak satu tahun yang lalu. Ketinggian Gunung ini mencapai hingga 2.182 mdpl. Bagi kalian yang ingin mendaki gunung ini bisa melalui jalur pendakian lewat Pucak Pass ataupun melalui kebun Teh.

  1. Gunung Wayang
Gunung Wayang

Gunung Wayang

Gunung Wayang adalah salah satu gunung di Jawa Barat yang terletak Kabupaten Bandung dengan tinggi 2.181 mdpl. Gunung ini dikelilingi oleh beberapa gunung yang terletak tidak jauh darinya yaitu gunung Papandaya dan Gunung Malabar. Jalur pendakian Gunung Wayang harus melewati jalur dusun telajung Cikeas.

  1. Gunung Galunggung
Gunung Galunggung

Gunung Galunggung

Gunung satu ini memiliki tinggi hanya 2.167 mdpl, tetapi di kawasan puncak gunung Galunggung ini terdapat hamparan bunga Edelweiss yang snagat indah, jadi puncak gunung ini tak kalah menarik dengan keindahan gunung yang memiliki tinggi di atas 3.000nmdpl. Gunung Galunggung terletak di Kabupaten Tasikmalaya.

  1. Gunung Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu

Nama gunung yang satu ini pastinya sangat populer di telinga kalian, Gunung Tangkuban Perahu memiliki tinggi 2.084 mdpl. Pendakian gunung ini bisa melalui jalur pendakian via Jayagiri. Keindahan gunung Tangkuban Perahu dengan kawahnya yang memiliki pemandangan alam yang sangat mempesona.

  1. Gunung Masigit Kareumbi
Gunung Masigit Kareumbi

Gunung Masigit Kareumbi

Nah jika nama satu gunung ini mungkin tidak terlalu familar untuk anda, Gunung Masigit merupakan salah satu Gunung di Jawa Barat yang terletak di wilayah tiga Kabupaten yaitu Kabupaten Sumedang, Garut, dan Bandung. Gunung ini mempunyai ketinggian hingga 2.078 mdpl. Bagi kalian yang ini mendaki gunung ini bisa melewati tiga jalur yaitu  jalur pendakian Cigoler, Ciceuri, Cipancar Bandung, dan Cibugel.

Kalian yang menyukai aktivitas hiking bisa memilih salah satu keindahan alam dari gunung di Jawa Barat, walaupun ukuran tingginya kebanyakan di bawah 3000 meter dari permukaan air laut, akan tetapi tetap memiliki pesona yang memukau, tidak akan membuat kalian menyesal jika menjamah gunung-gunung yang ada di Jawa Barat.



Leave a Reply