20+ Daftar Nama Gunung Tertinggi di Indonesia




Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia ternyata Indonesia memiliki banyak gunung yang tersebar dari pulau Sumatera, Jawa, Sulawesi, Bali, Kalimantan, dan Papua. Biasanya kalian hanya mengetahui satu nama gunung tertinggi di Indonesia yaitu gunung Jaya Wijaya yang terdapat di Provinsi Papua, gunung Jaya merupakan salah satu gunung tertinggi yang ada di dunia.


Bagi kalian yang seorang pendaki gunung pasti menyukai gunung yang tinggi untuk mencapai adrenalin kalian . Perlu kamu ketahui bahwa gunung puncak Jaya bukanlah satu-satunya gunung tertinggi yang ada di Indonesia. Ternyata ada banyak gunung-gunung tinggi di Indonesia yang namanya belum diketahui banyak orang yang dapat kamu pilih sebagai sasaran pendakian kamu.

Daftar nama Gunung Tertinggi di Indonesia

Gunung-gunung tertinggi yang ada di Indonesia menjadi favorit para pendaki dari berbagai mancanegara karena keindahannya atau untuk menaklukan ketinggian gunung tersebut. Berikut Cikasur membahas nama-nama gunung tertinggi yang ada di Indonesia:

  1. Gunung Jayawijaya atau Puncak Jaya
gunung jayawijaya

gunung jayawijaya

Gunung Jayawijaya terletak di provinsi Papua paling dikenal oleh telinga masyarakat Indonesia karena gunung ini masuk ke dalam daftar gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian 4.884 meter dari permukaan laut.  Gunung ini memiliki keunikan yaitu terdapat salju pada permukaan gunungnya.


  1. Gunung Latimojong
gunung latimojong

gunung latimojong

Gunung Latimojong terletak di tengah-tengah provinsi Sulawesi Selatan dengan ketinggian 3.478 mdpl yang terbentang dari arah selatan ke utara. Gunung ini memiliki medan pendakian yang cukup sulit dengan banyaknya persimpangan jalan dapat membuat pendaki tersesat.

  1. Puncak Trikora

Puncak Trikora adalah gunung yang terletak di Papua Barat yang berdiri setinggi 4.751 meter dari permukaan air laut.  Puncak ini memiliki medan yang sangat keras, dan memiliki suhu tiga derajat celcius yang sangat dingin sehingga membuat para pendaki merasa tertantang.

  1. Gunung Sanggar

Gunung sanggar yang memiliki ketinggian mencapai 3.492 meter di atas permukaan air laut ini berlokasi di Nusa Tenggara Barat. Nama gunung ini kurang diketahui banyak orang karena tenggelam oleh kepopuleran gunung Rinjani, padahal jika mendaki gunung Sanggar juga terdapat keindahan yang tak kalah menarik.

  1. Puncak Mandala

Puncak mandala merupakan salah satu gunung tinggi yang ada di provinsi Papua. Gunung ini menjadi gunung tertinggi dengan urutan kedua di Indonesis, dengan ketinggian 4.760 mdpl. Gunung ini merupakan gugusan dari pegunungan-pegunungan Jayawijaya.

  1. Gunung Semeru
Oro Oro Ombo Gunung Semeru

Oro Oro Ombo Gunung Semeru

Gunung dengan ketinggian 3.676 terletak di Jawa Timur dengan kondisi gunung yang cukup aktif terakhir meletus pada tahun 2008. Puncaknya yang diberi nama Mahameru menjadi gunung favorit tempat pendakian, membutuhkan waktu sekitar lima hari untuk sampai di puncaknya.

  1. Gunung Yamin

Gunung Yamin adalah salah satu puncak Jayawijaya dengan tinggi sekitar 4595 mdpl. Gunung ini terbentang dari Papua Barat hingga ke negara lainnya, yaitu negara Papua Nugini, pada permukaan gunung ini juga diselimuti salju.

  1. Gunung Rinjani
Gunung Rinjani Segara Anakan

Gunung Rinjani Segara Anakan

Gunung Rinjani terletak di Nusa Tenggara Barat dengan ketinggian 3.726 mdpl. Sepanjang jalan menuju puncak Rinjani terdapat keindahan pemandangan dengan udara yang sejuk, sehingga munurut pendaki gunung ini lebih menjadi menarik daripada gunung Sanggar.

  1. Gunung Kerinci
Gunung Kerinci

Gunung Kerinci

Terletak di Jambi dengan ketinggian 3.805 meter, gunung ini menjadi gunung tertinggi di pulau Sumatera dan menjadi gunung berapi tertinggi di Indonesia, di gunung ini terdapat kawah yang airnya berwarna hijau. Pendaki gunung Kerinci akan dimanjakan dengan keindahan panorama dengan flora dan faunanya yang menjadi ciri khas gunung kerinci.

  1. Gunung Yaramamafaka

Gunung Yaramamafaka merupakan salah satu gunung terting di Indonesia yang ada di Papua dengan ketinggian 3.370 mdpl. Gunung ini memiliki jarak yang sangat dekat dengan gunung lainnya yang ada di Papua yaitu gunung Jawa, gunung Mandala, dan lainnya.

  1. Gunung Ngga Pilimsit

Gunung Ngga Pilimsit salah satu gunung yang ada di provinsi Papua dengan ketinggian 4.626 mdpl. Puncak dari gunung ini sangat sulit ditaklukan oleh pendaki gunung sehingga ketika sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam Tim Ekspedisi Pecinta Alam Universitas Katolik Parahyangan pada tahun 2009 berhasil menaklukan puncaknya nama gunung Ngga Pilimsit di ubah menjadi puncak Merah Putih.

  1. Gunung Merbabu
Pemandangan Gunung Merbabu

Pemandangan Gunung Merbabu

Gunung Merbabu terletak di daerah Magelang, Jawa Tengah dengan ketinggian 3.142 mdpl. Gunung ini merupakan salah satu gunung favorit para pendaki karena medannya tidak terlalu berat walaupun ada hal yang harus diwaspadai dengan banyak kabut tebal, tidak tersedian sumber air, dan udaranya yang sangat dingin.

  1. Gunung Lawu
Pemandangan Gunung Lawu

Pemandangan Gunung Lawu

Gunung Lawu terletak perbatasan provinsi Jawa Timur dengan Jawa Tengah dengan ketinggian 3.265 mdpl yang merupakan salah satu gunung yang masih aktif. Ada tiga puncak yang menjadi sasaran pendaki yaitu puncak Hargo Dumilah, Hargo Dalem, dan Hargo Dumiling.

  1. Gunung Dempo

Terletak di provinsi Sumatera Selatan dengan Bengkulu, gunung ini menjulang dengan ketinggian 3.173 mdpl. Pendaki akan disuguhi pemandangan indah karena dari puncak dapat terlihat hamparan Bengkulu dan hamparan lautan hindia, sumber air bersih di gunung ini bisa langsung diminum oleh para pendeka.

  1. Gunung Sindoro
padang edelweis gunung sindoro

padang edelweis gunung sindoro

Gunung Sindoro terletak di provinsi Jawa tengah, dengan kondisi gunung api yang sedang tidur. Ketinggian gunung ini sekitar 3.150 mdpl, di selatan ke barat laut gunung terdapat kawah yang juga disertai dengan jurang. Disana terdapat sebuah kawah yang paling besar yang bernama kawah Kembang.

  1. Gunung Raung
Puncak Gunung Raung

Puncak Gunung Raung

Gunung Raung terletak di provinsi Jawa Timur dengan ketinggian 3.344 mdpl yang termasuk dalam jenis gunung merapi aktif, letusannya terakhir pada tahun 2015. Puncak gunung raung memiliki bentuk kawah terbuka  sehingga menyebabkan lava pijar hasil letusan kembali ke kawah.

  1. Gunung Sumbing
Gunung Sindoro Background Gunung Sumbing

Gunung Sindoro Background Gunung Sumbing

Gunung Sumbing adalah gunung api yang memiliki tinggi 3.371 mdpl, gunung ini terletak di provinsi Jawa Tengah.  Gunung ini menjadi salah satu gunung vaorit pendaki karena pada setiap lerengnya terdapat lahan pertanian warga desa Garung.

  1. Gunung Slamet
Gunung Slamet

Gunung Slamet

Gunung Slmet merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah dengan ketinggian 3.428 mdpl. Pendakian gunung Slamet menjadi sangat populer walaupun harus melewati medan yang termasuk sulit. Pada kaki gunung Slamet terdapat daerah wisata Banyumas yaitu Baturaden.

  1. Gunung Agung

Terletak di pulau Bali dengan ketinggian 3.031 mdpl, gunung Agung memiliki keunikan tersendiri yaitu terdapat Pura Besaikh yang menjadi pura yang terpenting di Pulau Bali. Kamu bisa melihat keindahan gunung Rinjani dari puncak gunung Agung.

  1. Gunung Ciremai
Gunung Ciremai

Gunung Ciremai

Gunung Ciremai dengan tinggi 3.084 mdpl terletak di Jawa Barat, gunung ini salah satu gunung yang masih aktif yang berbentuk kerucut dan dibawahnya terdapat kawah yang ganda. Pada ketinggian 2.900 meter terdapat titik bekas letusan masa lalu yang membentuk sebuah goa yang diberi nama dengan Goa Walet.

Indonesia memiliki gunung yang tersebar di bebagai provinsinya, untuk kalian pendaki gunung dapat memilih salah satu gunung tertinggi di Indonesia sebagai medan pendakian karena banyak keindahan yang dapat kamu temui di puncak gunung di Indonesia



Leave a Reply