18 Spot Tempat Wisata Gunung Kidul Jogja yang Menawan




Perlu kalian tahu, Gunung kidul merupakan salah satu daerah di Yogyakarta yang sangat identik dengan bukit kapur yang sudah tandus. Namun, ternyata Gunung Kidul memiliki spot yang banyak disukai oleh wisatawan. Terkenal dengan wisata pantai yang mempesona tempat Wisata Gunung Kidul ini menjadi surga bagi para pecinta pantai. Ada banyak objek wisata pantai di Gunung Kidul yang berjejer dari ujung timur hingga ujung barat.


Selain pesona pantainya yang sangat menarik, wisata alam Gunung Kidul juga memiliki keunikan dari segi sejarahnya. Banyak informasi-informasi mengenai wisata alam Gunung Kidul, tidak hanya memiliki pantai akan tetapi banyak wisata alam seperti goa dan air terjun yang memiliki sejarah yang sudah terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Spot mempesona Tempat Wisata Gunung Kidul Jogja

Keindahan panorama wisata alam gunung kidul sangatlah menarik untuk kalian jadikan sebagai tempat tujuan wisata, Cikasur menyarankan agar kalian memasukannya kedalam list tempat wisata yang akan dikunjungi ketika libur datang. Berikut ini adalah daftar tempat wisata di Gunung kidul yang dapat kalian kunjungi:

  1. Pantai Indrayanti
Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti adalah salah satu pantai di Gunung Kidul yang sangat populer di telinga wisatawan. Pantai ini sangat indah dengan suasana romantisnya saat malam hari, wah tentunya sangat cocok untuk  membawa pasangan ke tempat ini dengan sinar kerlap-kerlip di gazebo yang berjajar di pinggir pantai. di pantai ini juga tersedia kuliner yang sangat lengkap.


  1. Air Terjun Sri Gethuk
Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk

Bagi kalian pecinta air terjun, Gunung Kidul menyediakan objek wisata Air Terjun Sri Gethuk terletak di Desa Bleberan Kecamatan Playen. Perlu kalian tau, air terjun terindah di Jogja ini ternyata air mirip dengan objek wisata Grand Canyon Arizono loh objek wisata yang ada di Negara Amerika yaitu  sehingg air terjun ini sangat terkenal dan mengundang banyak wisatawan untuk menikmatinya, merasakan airnya jatuh mengalir ke tubuh kalian.

  1. Goa Pindul

Kali ini ada sebuah goa di Gunung Kidul yang bernama Goa Pindul dengan aliran sungai bawah tanah sepanjang 300 meter, menyusuri sungai ini memberikan sensasi yang banyak disukai oleh wisatawan. Disini kalian bisa merasakan aliran airnya yang dingin dan memberikan ketenangan. Semua umur boleh menyusuri sungai bawah tanah ini dengan fasilitas pelampung, ban, pelampung, guide, helm,dan asuransi.

  1. Pantai Jogan Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Nah ada lagi pantai di Gunung Kidul yang memiliki keunikan yang sangat indah adanya keberadaan air terjun dengan tinggi sekitar 10 meter di balik bukit karst yang aliran airnya langsung jatuh ke bibir laut Jogan ini. Pantai ini sangat sulit ditemukan di daerah manapun di provinsi Indonesia, kalau pantai ini mirip dengan salah satu pantai di California yaitu McWay Beach Waterfall.

  1. Pantai Sundak

Pantai ini kedua sisinya ditutupi batu karang besar yang memisahkannya dengan pantai kidul lainnya. Nikmatilah keindahan sunrise di pantai ini yang sangat mempesona. Wah ternyata di pantai ini juga ada goa yang memiliki sumber air tawar yang digunakan oleh masyarakat sekitar.

  1. Pantai Ngetun

Pantai Ngetun yang sering disebut pantai perawan dan menawan, belum banyak orang  yang menjamah pantai ini karena akses jalannya berbatu, padahal pemandangan pasir putih halus dan terjangan ombak pada batu-batu karang sangat indah.

  1. Pantai Nglambor
Pantai Nglambor Gunung Kidul

Pantai Nglambor Gunung Kidul

Wisata ini adalah salah satu pantai yang masih sepi di Gunung Kidul , karena memiliki jalan akses yang sulit dengan bebatuan yang terjal. Jika kalian mengunjungi pantai ini, banyak jenis ikan dan terumbu karang pada cekungan bibir pantainya, nah sangat cocok kan snorkling di pantai ini menikmati ikan-ikan yang lucu berwarna-warni.

  1. Pantai Siung
Pantai Siung

Pantai Siung

Pantai Siung ini memiliki daya tarik tersendiri dari batu karang raksasa di kedua sisinya, pantai ini lebih diketahui oleh penggemar panjat tebing. Asal nama pantai “siung” berasal dari batu karang yang menyerupai “Siung Wanara” yang berari gigi kera.

  1. Pantai Ngandong

Dengan pesona bukit karst berwarna kehijauan menjadi sebuah panorama yang sangat eksotis dipadukan dengan pasir putih dan birunya ombak. Pemandangan ini cocok untuk spot foto, terlebih saat sunrise, cahaya menghipnotis mata kalian tak akan terpejam.

  1. Pantai Seruni

Jika kalian ingin mengunjungi pantai yang penuh ketentraman, disinilah tempatnya pantai seruni karena masih sepi pengunjung. Bebatuan cadas yang di tata di  sepanjang jalan menuju pantai cocok menjadi tempat offroad.

  1. Pantai Timang
Pantai Timang

Pantai Timang

Gunung Kidul salah satu objek wisata alam Jogjakarta memiliki keunikan tersendiri dari pantai Gunung Kidul lainnya, dengan adanya bongkahan batu besar di tengah laut dinamakan Batu Panjang atau Pulau Timang, jaraknya dengan pantai sekitar 100 meter, kalian bisa menggunjungi pulau Timan dengan kereta gantung.

  1. Pantai Slili

Tempat wisata gunung kidul berikut ini sangatlah menawan. Deretan gazebo di pinggiran bibir Pantai Slili membuat kalian wisatawan dapat lebih mudah bersantai. Ada sebutan lain untuk pantai ini yaitu “Watu Lawang” karena pantai ini memiliki lorong di bawah pulau kecil seperti pintu.

  1. Pantai Pok Tunggal

Asal usul namanya yang berasal dari satu pohon Duras yang berdiri sendiri di pantai ini menjadi ciri khas tersendiri dari pantai ini. Pantai ini dikelilingi oleh tebing tinggi yang membentengi dari area luar pantai ini.

  1. Pantai Baron

Pantai ini sebenarnya adalah sebuah teluk, sisi kanan dan kirinya bukit yang bisa digunakan sebagai tempat camping untuk menikmati suasana alam. Di sepanjang pantai ini ada banyak perahu untuk mencari ikan. Pantai Baron terkenal dengan kuliner laut yang beraneka ragam dan sangat enak.

  1. Pantai Kukup

Pantai kukup adalah pantai yang sangat kaya dengan berbagai bintang laut, terumbu karang dan ikan hias. Kalian bisa menumukan aquarium alami (cekungan) di bagian laut dangkal di pinggiran pantai yang dibatasi oleh gundukan terumbu karang untuk menghadang hempasan ombak besar.

  1. Pantai Krakal

Pantai ini cocok untuk spot surfing ombaknya yang sangat menantang. Pantai dibatasi bukit besar dengan pantai di Gunung Kidul lainnya. Diatas bukit ini tersedia gubuk untuk bersantai menikmati panorama lautan.

  1. Pantai Drini

Ada sebuah pulau di bibir pantai yang biasa dijadikan tempat bersantai, pulau ini memisahkan pantai Drini menjadi dua bagian. Satu sisinya bernuansa damai dan tenang dengan percikan ombak lautnya, tetapi sisi yang satunya terlihat ganas dengan hempasan  keras ombaknya.

  1. Pantai Sepanjang

Adakah yang tahu Pantai Kuta Jaman dulu? Inilah tempatnya sekarang. Pantai dengan garis pantai yang sangat panjang disertai pasir yang bersih dan ombak yang tenang. Suasana pantai ini sangat alami dengan gubuk-gubuk kayu yang terbuat dari pohon palem beratap jerami.

Banyak wisatawan yang menyukai  tempat wisata Gunung Kidul karena banyak objek wisata alam yang memiliki keindahan. Bukan hanya sederet pantai yang dapat kalian jumpai di Gunung Kidul, tetapi juga ada wisata alam air terjun dan goa yang bersejarah dapat kalian temui disana.

 



Leave a Reply