Warung Kopi Cak Ri Gresik




Seperti Yogyakarta dengan Gudegnya, Solo dengan Serabinya dan Madura dengan Bebeknya. Gresik juga mempunyai cirinya sendiri. Ciri khas Gresik tentu bukan hanya Bandeng tanpa duri dan Banjir Kiriman.. Ciri utama kota ini sekarang adalah Kopi Gresik… Gresik Kota Santri dan Kota Seribu Warung Kopi. Mungkin bisa lebih apabila dihitung dengan lebih teliti! Pada kesempatan yang sesempatnya ini saya akan bercerita tentang salah satu warung kopi paling mahsyur di Kota Gresik. The Master of Coffee Cak Ri. Atau Warung Kopi Cakri, atau cakri saja. Oh ya, kenapa tidak disingkat CR1 saja!




Suasana Warung Cak Ri

Suasana Warung Cak Ri

Warung Kopi Cak Ri Gresik ini memiliki sejarah yang panjang dan berliku liku, sempat mengalami masalah lahan hingga pilihan berani untuk tidak menjual nasi ternyata tidak membuat Warung Cak Ri sepi.. Warung Kopi Cak Ri dulu berada tepat di seberang samsat Randuagung Gresik, yang sekarang hanya dijadikan sebagai kantor Warkop CR1.

Warung Kopi Cak Ri sekarang berada di Kompleks Ruko KIG. Warung ini menempati Ruko lumayan luas yang terdiri dari 2 lantai. Meski begitu yang dipakai untuk tempat ngopi hanya di lantai 1. Pada lantai 2 digunakan sebagai tempat tinggal pegawai Warung dan Fasilitas Umum lainnya. Tempat duduk indoor dan outdoor bisa diisi sampai 100 orang lebih, pada jam-jam tertentu terutama saat berangkat atau pulang kerja tempat duduk akan terisi penuh! Nah ini yang bikin penasaran.. Seberapa enak sih minuman disini? Mengapa para pelanggan terus datang kesini??




Kopi Warung Cak Ri

Kopi Warung Cak Ri

Namanya warung kopi pasti menu andalan disini adalah Kopinya, olahan kopi yang bisa dipesan adalah kopi hitam, Kopasus (kopi pake susu) dan Kocok (kopi dengan susu coklat).. untuk Kopi Kasar Gresik disini tidak menjualnya. Selain kopi minuman enak yang pernah saya coba adalah Es Boyo Susu (lidah buaya dengan susu), Es Cao, Es Garbis dan aneka minuman aneh-aneh lainnya… Luar Biasanya lagi saking ramainya pengunjung Warung Kopi Cakri disini kasirnya sudah menggunakan mesin kasir, setelah pesan dan bayar nama kita akan dicatat yang kemudian akan dipanggil sambil berteriak berkeliling mengantarkan pesanan. Tidak jarang nama “mas pion” atau “mas alah” diteriakkan…

Warung Cak Ri

Warung Cak Ri

Selain lengkapnya menu minuman yang disediakan oleh CR1 , yang membuat pengunjung betah adalah fasilitas warung yang lengkap. Parkiran sangat luas baik untuk mobil maupun motor, ada colokan charger di beberapa sudut meja, Wifi? Pastilah… Kamar mandi yang bersih di lantai 1 dan 2, selain itu fasilitas yang sangat saya idam-idam kan dan saya harap ada di setiap warung kopi ada disini: Mushollah. Ya di lantai 2 ada Mushollah yang bisa digunakan untuk 2 orang, lumayan bersih dan sudah disediakan sarung.

Kasir Warung Cak Ri

Kasir Warung Cak Ri

Dari segi SDM pegawai Warung Kopi Cakri ini juga termasuk mempunyai Sopan santun yang tinggi. Dari pengamatan saya pegawai Warung ini selalu tersenyum saat mengantar minuman  dan kadang terdengar meminta maaf bila pesanan lama diantarkan. Setiap jam juga asbak di meja-meja akan dibersihkan… Pelayanan yang mantap untuk usaha sekelas Warung Kopi. Istimewanya lagi CR1 ini buka selama 24 Jam .

Tak hanya menjual kopi yang sudah diseduh, Warung Kopi Cak Ri ini juga menjual bubuk kopi yang sudah di pack kedalam kemasan kiloan. Harganya antara 60-80rb. Pastinya saya lupa hahaha.. Banyak warung kopi yang menggunakan bubuk kopi dari Cakri ini. Salah satu warung kopi yang terkenal dan menggunakan Kopi Gresik milik Cakri ini adalah Warung Kopi Ramonez Surabaya.

Dari Warung Kopi Cak Ri ini kita bisa belajar bahwa semua pekerjaan yang dikerjakan dengan sungguh-sungguh , semangat tinggi dan bertujuan untuk melayani pelanggan dengan maksimal akan menjadikan sebuah usaha berkembang ke arah yang lebih baik. Sukses terus CR1…



Leave a Reply

Select Language