Tips Pulang Kampung Saat Libur Panjang




pulang kampung

pulang kampung


Pulang kampung menjadi ritual banyak orang saat libur panjang tiba. Hal ini karena libur panjang tidak selalu datang. Biasanya, kita hanya akan mendapatkan keuntungan ini satu tahun sekali pada saat hari raya atau pada saat akhir tahun. Oleh karenanya, libur panjang menjadi kesempatan bagi banyak orang untuk melepas rindu pada keluarga. Karena banyak orang melakukan hal yang sama pada saat libur panjang, maka tidak heran jika model transportasi apapun akan dipadati penumpang. Jalanan akan penuh dengan kendaraan pribadi dan kendaraan umum menuju berbagai daerah di indonesia. Tempat wisata juga akan penuh diisi banyak orang yang berlibur. Nah, agar pulang kampung Anda tetap nyaman, Anda bisa mencoba beberapa tips di bawah ini.

1.         Beli tiket jauh hari

Bagi Anda yang ingin pulang pada saat libur panjang dengan menggunakan kendaraan umum, membeli tiket jauh-jauh hari akan sangat menguntungkan. Hal ini karena harga tiket biasanya masih dalam range promo sehingga akan lebih hemat. Beberapa tiket kendaraan umum memang dapat dibeli jauh hari. Misalnya saja tiket kereta api dapat dibeli mulai dari h-90 sebelum keberangkatan atau 3 bulan sebelumnya. Tiket pesawat juga dapat dibeli jauh hari sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi Anda. Membeli tiket jauh hari membuat Anda dapat memilih kendaraan seperti apa yang ingin Anda gunakan untuk pulang kampung. Anda juga akan leluasa memilih kursi dan kelas kendaraan. Hanya saja, tidak semua orang memiliki kesempatan untuk merencanakan liburannya jauh hari. Bagi Anda yang merasa demikian, masih banyak kok tiket kendaraan umum yang sengaja disiapkan untuk menampung banyak orang yang ingin pulang kampung. Jadi, tidak usah takut kehabisan.

2.         Rencanakan sebelumnya


Merencanakan kapan pulang kampung menjadi salah satu cara yang sangat baik untuk membuat pulang kampung Anda menyenangkan dan tidak out ofbudget. Perencanan walaupun nanti akan meleset pada saat pelaksanaan, setidaknya dapat dijadikan pegangan untuk merencanakan banyak hal. Misalnya, jika kita sudah merencanakan berapa hari kita akan pulang kampung, maka kita bisa merencanakan berapa baju yang akan kita bawa, kegiatan apa saja yang akan dilakukan, tempat mana saja yang akan kita kunjungi, dan banyak hal lainnya termasuk membeli oleh-oleh atau buah tangan untuk sanak keluarga. Jika semua terencana, kita akan cukup mudah mengatur apa saja yang akan kita bawa. Hal ini mengarah pada efisiensi waktu dan efisiensi barang bawaan.

3.         Siapkan makanan dan minuman yang cukup

Bagi Anda yang harus menempuh perjalanan jauh untuk pulang kampung, makanan dan minuman yang cukup sangat diperlukan. Tidak semua kendaraan umum menyediakan layanan penjualan makanan. Hal yang tidak diinginkan juga dapat terjadi. Misalnya saja, saat kita terjebak macet di jalan tol. Tidak akan ada orang yang menjual makanan dan minuman di jalan tol. Jika Anda tidak memiliki makanan dan minuman, maka Anda akan kehausan dan kelaparan selama perjalanan. Hal ini akan bertambah buruk jika Anda sedang mengendarai kendaraan Anda sendiri. Hl tersebut tentunya akan sangat mengganggu. Nah, untuk menghindari terjadinya hal tersebut, Anda perlu sediakan makanan mengenyangkan dan mudah dibawa pada saat pulang kampung. Misalnya snack bar, air minum, roti, dan sebagainya.

4.         Pastikan kendaraan dalam kondisi prima

Bagi Anda yang ingin pulang kampung dengan kendaraan pribadi, memastikan kondisi kendaraan prima menjadi hal yang sangat penting. Anda tentunya tidak mau kendaraan Anda ngadat di tengah jalan bukan? Hal ini tentunya akan membuat perjalanan Anda terganggu dan menambah biaya yang ada. Bisa jadi, Anda justru tidak jadi pulang kampung karena kendaraan Anda rusak. Jika Anda menggunakan kendaraan roda dua, jangan lupa memakan perlengkapan keselamatan yang sesuai seperti memakai helm standar, sepatu tertutup, masker, kacamata, dan sebagainya. Sebaiknya Anda juga jangan membawa terlalu banyak barang yang tidak perlu. Apalagi meletakkannya ditempat yang berbahaya seperti di belakang sepeda motor atau di atas mobil. Hal tersebut dapat membahayakan Anda dan pengguna jalan lainnya.

5.         Siapkan untuk hal yang tidak terduga

Hal kelima yang perlu diperhatikan adalah persiapan untuk hal yang tidak terduga. Tidak ada orang yang ingin perjalanan pulang kampungnya terganggu. Namun, gangguan atau kejadian yang tidak terduga sangat sering menghampiri. Untuk itu, kita harus siap dengan hal yang tidak terduga tersebut. Anda dapat memperkirakan sendiri kejadian tidak terduga apa yang mungkin terjadi jika Anda pulang kampung dengan menggunakan kendaraan tertentu. Misalnya saja, jika menggunakan mobil atau bus, Anda mungkin akan terjebak macet panjang. Hal yang perlu Anda siapkan adalah makanan dan minuman yang cukup. Bagi Anda yang membawa kendaraan sendiri, Anda mungkin akan mengalami ban bocor, maka Anda perlu menyiapkan dongkrak, ban cadangan, serta perlengkapan lainnya termasuk segitiga keselamatan. Ada banyak hal lain yang dapat Anda siapkan.

6.         Tentukan budget

Nah, menentukan budget atau anggaran menjadi hal yang sangat penting ketika pulang kampung. Hal ini karena kegiatan pulang kampung kerap membuat keuangan menjadi minus. Hal ini karena kita tidak mempersiapkannya dengan baik. Jika membeli suatu barang atau mencari modal usaha dapat menggunakan cara pinjaman uang tunai tanpa jaminan atau mencari drupiah, saat pulang kampung, sebaiknya Anda memiliki budget tertentu yang memang dianggarkan untuk dihabiskan di kampung halaman. Hal ini menjadi sangat penting untuk menjaga agar Anda tidak defisit nantinya. Hindari melakukan dan membeli barang yang tidak perlu. Utamakan hal yang penting seperti memberi uang pada orang tua dan sebagainya.

7.         Jangan berlebihan

Hal terakhir adalah jangan berlebihan. Seringkali karena kita sudah lama tidak pulang kampung, kita merasa ingin melakukan banyak hal. Anda perlu perhatikan apa saja yang akan Anda lakukan. Menahan nafsu dengan tidak melakukan keinginan dengan berlebihan menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Belajar dari banyak pengalaman, segala yang berlebihan akan memberikan dampak yang tidak baik bagi diri kita. Sehingga kita perlu menghindari hal-hal yang berlebihan. Jika Anda dapat menahan nafsu dan melakukan hal secukupnya, Anda tidak hanya akan menghemat anggaran dan menjagabudget tetap terkontrol, tetapi juga dapat menjaga banyak hal lain seperti menjaga kesehatan badan kita.

Nah, itu tadi beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk membuat pulang kampung Anda tetap nyaman dan aman saat libur panjang. Sebagian besar dari tips di atas mengulas mengenai perencanaan yang jelas dan persiapan yang memadai. Hal ini menjadi sangat penting untuk menghindari hal yang tidak diinginkan saat pulang kampung. Persiapan yang tepat akan membuat Anda selamat sampai tujuan. Semoga ulasan kali ini bermanfaat! Selamat pulang kampung!



Leave a Reply