Review Tas Gunung The North Face Terra 50

The North Face Terra 50

 

The North Face Terra 50 Samping

 

The north face atau si muka utara adalah salah satu brand outdoor terbesar di dunia, merk merk TNF ini selalu dikaitkan dengan pendakian gunung ataupun aktivitas luar ruangan lainnya. Menurut saya, brand ini termasuk yang paling banyak dipalsukan.. mulai dari jaket hingga tas. Konter resmi the north face Indonesia ada di Mall Senayan City Jakarta  dan Tunjungan Plasa Surabaya.. konter TNF ini sering mengadakan diskonan lho, jadi mending beli barang diskon daripada barang KW!

Kali ini saya akan mereview Tas Gunung The North Face Terra 50, saat melihat dari website resmi TNF kelihatannya tas ini sangat besar dan tinggi. Namun ternyata tidak seperti yang diharapkan… tas ini hanya mempunyai tinggi 68cm dengan bentuknya yang lumayan aduhai karena agak melengkung. Saat saya memilih warna hitam kesan pertama adalah seksi bentuknya dan mewah tentunya karena ini TNF hahaha… dalam pembelian tas ini tidak mendapatkan raincover namun fabric tnf terra 50 ini waterproof dan sudah teruji di lapangan. Dalam percobaan pendakian selama 3 jam di gunung penanggungan saya diguyur hujan intensitas sedang, tanpa raincover tas ini mampu menahan air masuk kedalam. Berat kosong tas ini sekitar 1,8Kg.. tidak ringan dan tidak berat juga.. pas lah.

Kantong Kanan The North Face Terra 50

 

Kantong Kiri The North Face Terra 50

The North Face Terra 50 ini mempunyai 2 kantong depan, kanan dan kiri tidak tersambung menjadi satu. Kantong bagian kanan sangat lega hingga bisa digunakan untuk menyimpan tas kecil, sementara kantong bagian kiri tidak seberapa besar.. cocok digunakan untuk menyimpan dompet atau barang barang yang tak terlalu besar.

Kantong Atas The North Face Terra 50

Seperti tas gunung pada umumnya, pada bagian kepala tas terdapat kantong yang sangat besar. Kantong di atas ini terbagi menjadi 2 yaitu bagian jaring yang ada resletingnya dan bagian yang tidak berjaring. Fitur resleting dan jaring pada bagian atas ini digunakan untuk menggantikan kantong bagian atas dalam tas.. karena dalam tas ini tidak terdapat kantong bagian dalam.
Didalam tas juga terdapat kantong untuk waterbladder dan ada lubang untuk sedotan yang menyambung di sebelah kanan pundak.

 

Top load sempit

 

Keren

Untuk memasukkan barang kedalam tas ini agak susah karena bukaan atasnya lumayan sempit.
Kantong bagian kanan dan kiri tas tidak seberapa lega hingga hanya cukup digunakan untuk membawa air mineral. Selain itu pada hipbeltnya meskipun tidak seberapa lega, desain kantong pada bagian hipbelt kanan berupa jaring jaring dan bagian kiri tertutup ini lumayan keren. Cukup lah untuk menyimpan action cam dan permen.

 

Sleepingbag kompartemen

Tas ini bisa diakses dari atas dan bawah, ya selain top load ada juga kompartemen sleeping bag . Yang sangat disayangkan pada tas ini bagian utama dan kompartemen sleeping bag tidak ada penyekatnya, meskipun ada resleting untuk kompartemen sleeping bag namun dalamnya tetap menjadi satu tanpa penyekat resleting, ini menurut saya adalah kekurangan karena sulit membedakan tempat agar tidak tercampur. Selain itu kekurangan lainnya adalah bagian top (kepala tas) tidak bisa diatur tingginya (fix) hingga akan terlihat jelek apabila kita memasukkan muatan yang berlebih pada tas ini.

Backsystem The North Face Terra 50

Backsystem pada tas ini juga amat sederhana, saya tidak paham bagaimana tas semahal ini mempunyai backsystem yang mirip tas consina tarebbi hahaha… bila dilihat dari websitenya sih ini backsystem yang membuat angin bisa masuk dan menjaga agar punggung tetap kering dan dingin. Namun kenyatannya saya merasa sangat kegerahan saat menggendong tas dengan backsystem busa ini.

Lumayaaan

Torso pada tas ini juga tidak bisa diatur, saya dengan tinggi 168cm  yang memang langganan menggunakan torso M dibuat tidak nyaman dengan menggunakan torso M pada tas ini. Entah mengapa pundak terasa ditarik kebelakang.. sudah saya coba mencari pengaturan ternyaman masih saja merasa tidak nyaman, untung saja hipbelt pada tas ini cukup membantu meringankan kerja pundak.

Kosongan The North Face Terra 50

Itulah kelebihan dan kekurangan the north face terra 50 menurut saya, perlu diingat bahwa selera setiap orang berbeda beda, kenyamanan setiap orang juga berbeda beda. Tentu anda tidak harus setuju dengan pendapat saya. Mungkin saya merasa kurang nyaman karena pundak saya yang terlalu lemah hahaha… Intinya ya sesuaikan dengan kebutuhan saja. Saya harap ini bisa menjadi pertimbangan sebelum membeli tas. Sekian review the north face terra 50, nantikan review barang outdoor lainnya hanya di www.gunung.xyz . Oh iya..rencananya tas ini bakal dilelang…harga barunya sekitar 3-3,5jt rupiah… Ini baru 2x pakai..silahkan ditawar sepuasnya di komentar…Semoga perjalanan kalian menyenangkan!

Leave a Reply

Select Language