Review Tas Gunung Deuter Futura Vario 50 + 10

Review Deuter Futura Vario
Review Deuter Futura Vario

Deuter.. tentu kalian para penggemar kegiatan alam bebas sudah tidak asing lagi dengan merk yang satu ini. Seperti kacang goreng, deuter sekarang digunakan oleh hampir semua orang. Ini disebabkan karena deuter selalu mengadakan diskon 30-50%  sekali setiap tahun, atau 2x setiap dua tahun hahaha.. Nah efek buruknya, karena orang kita gila diskon, tentu merk ini akan dibeli tanpa mempertimbangkan cocok atau tidak dengan kebutuhannya…

Kali ini saya akan mereview secara singkat Deuter Futura Vario 50 + 10, Deuter Futura Vario adalah tas yang berada di tengah-tengah kelas tas deuter. Diatasnya ada air contact dan aircontact pro. Dan dibawahnya saya tidak terlalu memperhatikan.. Deuter Futura Vario ini mempunyai harga ritel sekitar 2,2juta rupiah. Berat kosong tas ini mencapai 2,3Kg dan mempunyai tinggi 78cm .

Backsystem Deuter
Torso Deuter Futura Vario

Kesan pertama saat melihat tas ini adalah terlihat solid dan gagah. Deuter Futura Vario ini mempunyai frame didalam tas, yang membuat bisa berdiri tanpa harus dibantu dengan matras. Backsystem yang digunakan berupa jaring jaring ketat yang memang sudah umum digunakan oleh Deuter yang kemudian disebut Deuter Aircomfort . Busa pada pundak dan bagian pinggul juga sangat tebal yang menggambarkan betapa nyamannya saat menggunakan tas ini. Enaknya lagi torso bisa diatur dengan mudah disesuaikan dengan kenyamanan penggunanya.




Kantong Hipbelt

Deuter Futura Vario ini memiliki banyak kantong, di Hipbelt kanan dan kiri ada kantong yang lumayan lega dengan tag VARIFLEX. Kantong di hipbelt ini bisa digunakan untuk menyimpan permen, action cam, spidol,dll.. saat saya mencoba memasukkan HP dengan layar 5,5in ternyata tidak cukup. Kantong hipbelt ini adalah fitur yang menurut saya wajib ada dalam tas untuk pendakian panjang agar tidak ribet membongkar tas hanya untuk mengambil sebuah action cam.

Kantong atas luar
Kantong Atas dalam
Kantong Depan

Kantong bagian atas luar dan dalam juga ada, kantong ini memang umumnya selalu ada. Kantong atas luar bisa digunakan untuk menyimpan jas hujan, headlamp, makanan ringan,dll. Sementara kantong atas bagian dalam biasanya digunakan untuk menyimpan obat obatan.
Nah selain itu Deuter Futura Vario juga punya kantong depan lho! Kantong depan menurut saya sangat besar , dalam pendakian kemarin kantong depan ini saya gunakan untuk menyimpan piring dan gelas lipat serta alat alat untuk makan. Agar tidak lupa ditaruh dimana saya selalu  membeda bedakan kantongnya.

Front Load

Fitur Quick Access juga ada di dalam tas ini. Untuk memudahkan pengguna dalam mengakses tas, Deuter Futura Vario tidak hanya bisa dibuka dari atas namun bisa juga dibuka dari depan. Ini memudahkan apabila barang yang mau diambil berada di bawah, sementara kita belum berada di tempat bongkar barang.

Kompartemen utama dan kompartemen untuk sleeping bag dipisahkan oleh resleting. Desain ini memang memudahkan pengguna dalam melakukan diferensiasi tempat packing. Biasanya kompartemen sleeping bag saya isi sleeping bag dan baju ganti saat sudah sampai basecamp pendakian. Kantong bagian samping kanan dan kiri juga lumayan lega, cukup untuk sebotol minuman 1,5L ditambah 1 kaleng minuman bersoda.

Tempat raincover

Tas tas gunung yang mahal biasanya tidak dilengkapi dengan raincover, mungkin karena Deuter termasuk tas mahal yang baik hati atau memang tas ini belum termasuk mahal mahal amat maka dari itu tas ini sudah termasuk Rain Cover yang ada di bagian bawah tas. Raincover deuter yang berwarna biru muda ini pasti sudah umum kalian jumpai juga hahaha…

Menurut saya dengan harga disekitaran 1,5juta setelah diskon, tas ini layak dipertimbangkan untuk dibeli. Dengan daya muat yang lega mencapai 60L, tes di lapangan di gunung sindoro dengan beban sekitar 16Kg lama perjalanan 6 jam. Hasilnya memang nyaman sekali tas ini saat digunakan, seperti dipeluk dari belakang. Namun kekurangannya adalah bunyi krek krek yang sangat mengganggu saat berjalan terlalu cepat. Bunyi ini berasal dari torsonya, nampaknya harus dilumasi sebelum dipakai. Selain itu berat kosong tas ini sebenarnya juga sudah berat. Untuk anda yang mempunyai budget diatas 2juta, saya sarankan langsung mencoba Osprey Atmos AG 65… atau bila malas dengan tas besar, cobalah osprey kestrel 38…. dan bila sudah bosan bisa dioper ke saya hahaha….

Demikian review singkat Deuter Futura Vario 50 + 10, semoga ini bisa menjadikan pertimbangan kalian sebelum membeli tas gunung ini. Ingat, beli sesuai kebutuhan dan jangan memaksakan budget! Sekian review ini, nantikan review alat pendakian selanjutnya di www.gunung.xyz






Leave a Reply

Select Language