Cangkruk dan Ngopi di Warung Kopi Kasar Cak Awi Gresik

Gresik kota santri.. itu adalah slogan kota Gresik karena disini adalah tempat 2 wali besar dimakamkan yaitu Sunan Malik Ibrahim dan Sunan Giri. Selain itu Gresik juga dikenal sebagai kota Industri karena mempunyai beberapa pabrik besar seperti semen indonesia, petrokimia, mie sedap dll. Namun kali ini saya tidak akan membahas itu semua… Gresik adalah kota sejuta warung kopi, kalau tidak percaya coba saja kesini. Di setiap gang kampung kampung, di jalan jalan besar kota pasti ada Warung kopi. Jarak antar warung kopi itu pun hanya beberapa meter dan semua warung kopi itu penuh! hebat bukan ? Rupanya cangkruk dan ngopi adalah budaya khas Gresik,sampai ada guyonan “ojok sampek kerjomu ganggu ngopimu”.

Kopi Kasar Cak Awi
Kopi Siang

Kali ini saya akan mengajak pembaca setia gunung.xyz untuk cangkruk dan ngopi di Warung Kopi Kasar Cak Awi. Warung Kopi Kasar Cak Awi ini beralamat di jalan sindujoyo nomer 18 Gresik.. atau tepatnya di seberang toko bandeng bu Muzanah yang sudah melegenda di Gresik. Sebenarnya Warung kopi kasar cak awi ini ada 2, satunya lagi ada di sebelah
Rumah Sakit Muhammadiyah..namun karena tempatnya masuk ke gang kecil
maka saya lebih suka ngopi di warung yang di sebrang bu muzanah ini. Warung kopi yang tidak seberapa besar ini tidak pernah sepi , pembeli datang dan pergi mengisi tempat tempat di warung ini khususnya anak muda yang suka dengan tampilan kopi kasarnya. Menu andalan warung kopi ini adalah kopi kasar dan nasi ayam bumbu madura.

Kopi Susu Kasar + Telur + Nasi Ayam

Kopi susu kasar warung cak awi adalah menu favorit saya disini, rasa pahit kopi berpadu dengan manisnya susu kental manis dengan takaran yang pas sungguh memanjakan lidah. Ditambah lagi kopinya yang masih kasar bisa dikunyah hmm..lezat! Oh iya cara untuk menikmati kopi kasar ini adalah dengan mengaduk dulu kopinya kemudian diamkan sebentar hingga kopi turun.. lalu serok keluar kopi yang masih mengambang diatas gelas. Cara yang tidak biasa ini menjadikan minum kopi tidak membosankan. Menikmati kopi susu ini cocoknya ditemani oleh telur ayam kampung setengah matang ataupun gorengan hangat.




Ayam Bumbu Madura
Sedang Melayani Pesanan

Makanan yang dijual disini ada nasi ayam dan nasi babat, karena saya penggemar berat ayam maka saya selalu memesan nasi ayam. Nasi ayam ini seperti nasi ayam madura kebanyakan, ayam kecil dengan bumbu hitam dengan topping serundeng dan kulit ayam garing yang juga dibumbu hitam khas madura. Porsinya tidak terlalu banyak namun juga tidak sedikit.

Tampak Depan Warung Kopi Kasar Cak Awi

Kekurangan dari warung kopi kasar cak awi adalah sempitnya tempat parkir, meskipun pengguna mobil bisa parkir di depan masjid sebrang warung tapi karena jalannya juga sempit mungkin sebaiknya tidak membawa mobil bila ke warung kopi ini, selain itu warung kopi ini termasuk masih tradisional karena tidak menyediakan wifi dan tv kabel. Kelebihannya selain karena makanan dan minuman yang enak di warung kopi ini juga bisa menyaksikan pemandangan parkir mobil pembeli bandeng bu muzanah yang semrawut. Tukang parkirnya sangat ahli sekali hingga bisa memposisikan banyak mobil di tempat parkir yang sangat sempit hahaha.

Demikian yang bisa saya bagikan kepada pembaca.. jadi kapan kita cangkruk dan ngopi di warung kopi kasar cak awi ?



No Responses

  1. Pingback: Warung Kopi Lokomotif Gresik – Cikasur September 10, 2017

Leave a Reply

Select Language