Gunung Penanggungan : 1653Mdpl Bukan Tempat Bermain

Gunung Penanggungan
Gunung Penanggungan
Gunung Penanggungan via tamiajeng memang sekarang sudah melakukan pembenahan besar-besaran. Ada pos perijinan, parkir yang dijaga karang taruna desa setempat dan warung-warung serta musolah. Bahkan ada kolam renang besar lengkap dengan permainan outbound yang baru dibangun.
Dalam melakukan pendakian hingga puncak bayangan (pelataran) kita akan menemui 4 pos. Di pos 2 ada warung yang menjual gorengan dan minuman,warung ini buka saat weekend. Saat weekend disetiap pos akan ada Tim yang berjaga untuk evakuasi pendaki.. Jalur gunung yang dulunya merupakan jalan air juga sudah tidak digunakan, diganti jalur baru disebelah kiri jalan air. Bahkan ada beberapa jalur yang sudah disusun menyerupai anak tangga, enak sekali bukan?! Sampai di puncak bayangan yang dulu rumput ilalang tinggi sekarang sudah seperti tanah lapang, sayang sekali banyak yang membuat jalur air dan tidak menguruknya lagi…
Saat ini Gunung Penanggungan adalah gunung yang menjadi jujukan para pendaki pemula di Jawa Timur. Mengapa demikian karena gunung ini “hanya” memiliki ketinggian 1653mdpl.. Para pendaki baik pemula maupun senior menjadikan gunung penanggungan sebagai gunung untuk berlatih fisik sebelum mendaki ke gunung yang lebih tinggi dan menganggap gunung ini adalah tempat yang tidak berbahaya. Hal ini membuat banyak orang yang baru pertama kali melakukan pendakian melakukan hal hal ceroboh disini… Di otak mereka sudah tertanam bahwa gunung penanggungan adalah gunung yang pendek dan tidak berbahaya, bahkan teman teman mereka mungkin setiap minggu ada yang naik ke puncak..
Evakuasi Gunung Penanggungan
Evakuasi Gunung Penanggungan. (FB Muhammad Alhabib Hasbullah)
Ini adalah awal terjadinya petaka di gunung penanggungan, persiapan yang dilakukan jelas kurang matang apabila diawal sudah menyepelekan.. Para pendaki pemula akan nekat naik gunung meski menggunakan sepatu untuk nge-mall, tidak membawa senter,logistik kurang dan lain sebagainya.. Nah fatalnya mereka akan memaksakan ego mereka untuk sampai ke puncak dengan keadaan yang sudah tidak memungkinkan. Para pendaki pemula akan malu bila tidak sampai ke puncak penanggungan, padahal memaksakan ego tidak baik apabila berada di alam bebas.. Akibatnya pada akhirnya mungkin Tim SAR LMDH tamiajeng akan mengevakuasi mereka dengan kondisi lemas,keseleo,dll.
Briefing Gunung Penanggungan
Briefing Gunung Penanggungan. (FB Alvaro Ramadhani)
Pendaki pemula yang akan naik ke penanggungan sebenarnya pasti diberi pembekalan oleh Tim di pos perijinan, namun itu tidak menjamin keselamatan diri kita. Yang bisa menyelamatkan diri kita adalah kita sendiri..bacalah tips mendaki gunung penanggungan  sebelum melakukan pendakian, persiapkan diri sematang mungkin dan jangan pernah punya niat menaklukkan gunung. Kekompakan Tim pendakian juga sangat berpengaruh, jangan pernah meninggalkan teman dibelakang sendirian.. Jangan lupa makan Karena logistik menentukan logika..
Salut untuk pembenahan besar besaran di  gunung penanggungan.
Panjang umur pendaki gunung Indonesia!



Leave a Reply

Select Language