Gunung Prau via Patak Banteng andalan Wisata Dataran Tinggi Dieng

Gunung Prau adalah gunung yang menjadi tujuanku dan ke 4 teman dari ekonomi Islam unair 2013. Gunung yang terletak di jawa tengah ini memiliki ketinggian sekitar 2665mdpl , tidak seberapa tinggi memang namun gunung prau memiliki keindahan yang tidak kalah dengan gunung lainnya. Dari internet bisa dilihat bahwa gunung prau memiliki spot golden sunrise yang mantap… Gunung Prau ini cocok untuk pendaki pemula karena waktu tempuh sampai puncaknya tidak jauh.
Golden Sunrise Gunung Prau
Golden Sunrise Gunung prau
Kuliah kerja nyata di pelosok desa membuat pikiran jadi
tidak tenang.. Rasa rindu untuk mendaki gunung pun harus dipendam selama
satu bulan..
Kami berencana mendaki gunung prau pada 15 agustus, Karena rencananya mau merayakan kemerdekaan Indonesia diatas gunung namun Karena salah satu teman tidak bisa cuti kerja maka kami berangkat dari Surabaya pada 16 agustus malam hari. Sore harinya teman-teman sudah berkumpul dirumahku dan membeli logistik yang kurang.
Hari ke 1
Jam 9 malam kami berjalan menuju seberang RSI Ahmad Yani Surabaya menunggu bus kota ke arah bungurasih,tidak lama bus kota datang dan berangkat. Harga bus kota non AC jauh dekat 5000. Setelah sampai di terminal bungurasih kami bingung enaknya naik apa dari Surabaya menuju dieng untuk mendaki gunung prau ini . Akhirnya kami memilih rute yang paling hemat di ongkos meskipun harus oper angkutan beberapa kali. Rutenya adalah Surabaya – jogjakarta – magelang – wonosobo – dieng / patak banteng . Kami segera mencari bus tujuan jogjakarta. Bus MIRA dengan tarif 55 ribu menjadi pilihan, karier dimasukkan bagasi kemudian kami semua terlelap.
Hari ke 2
Pendakian Gunung Prau Terminal Magelang
Terminal Magelang
Jam 4 pagi kami sudah sampai di terminal giwangan jogjakarta setelah itu kami menunggu bus kota yang akan membawa kami ke magelang, waktu tempuh ke magelang sekitar 1,5 jam. Karena saat itu tanggal 17 agustus maka bus penuh dengan guru dan siswa yang akan berangkat upacara bendera.
Bus sampai di terminal magelang jam 8 pagi, Karena kelaparan maka kami makan di terminal. Tidak terlalu mahal juga rupanya makanan di terminal magelang. Disini banyak sekali bus kecil yang menuju wonosobo, harganya 20.000 dengan waktu tempuh 2 jam perjalanan. Tidak mahal juga karena jalan menuju wonosobo ini naik turun. Sampai di wonosobo kami ngopi sebentar lalu melanjutkan perjalanan dengan bus kecil menuju patak banteng pos pendakian gunung prau. Dari terminal wonosobo ke patak banteng butuh waktu sekitar 2 jam.
Pendakian Gunung Prau Terminal Wonosobo
Terminal Wonosobo
Sampai di patak banteng ternyata sudah ramai sekali pendaki yang turun dari gunung prau, kami istirahat sambil bercengkrama di warung depan pos perijinan. Disini toiletnya gratis dan bersih hehehe…
Patak Banteng
Sebenarnya Ada 2 pos pendakian gunung prau ini yaitu melalui patak banteng atau melalui dieng. Waktu tempuh via patak banteng adalah 4 jam sementara dieng 5 jam. Karena mencari yang paling singkat maka kami memilih lewat patak banteng.
Warung Toilet Gratis
Jalur Awal Pendakian Gunung Prau
Hujan gerimis tiba tiba datang sebelum kami memulai pendakian,namun karena waktu Sudah menunjukkan jam 1 siang dan kami menghindari berjalan malam maka kami menggunakan jas hujan dan segera melapor ke pos pendakian. Tiket pendakian gunung prau hanya 10.000 saja. Setelah beres perijinan kami mulai berjalan melewati rumah penduduk dan ladang warga. Jalur awal berupa tangga kemudian batu yang disusun rapi. 20 menit berjalan sampai juga di Pos 1 Gunung Prau , disini Ada warung yang menjual makanan dan minuman. Kami beristirahat cukup lama di pos  1 karena melihat ada lomba burung Dara hehehehe….
Warung di Pos 1 Gunung Prau
Perjalanan kami lanjutkan ke pos 2, jalannya menanjak terus berupa tanah licin. Pos 1 ke pos 2 hanya butuh waktu 30 menit berjalan santai. Di pos 2 ini banyak sekali warung yang menjual semangka,gorengan,nasi dll… Nah dari pos 2 ke pos 3 tantangan baru dimulai, jalur terjal yang diguyur hujan menjadi tambah berbahaya. Kami harus berhati hati dalam melangkah agar tidak terpereset. Pemandangan dari sini sudah nampak indah, terasering ladang penduduk tampak indah tersusun rapi seluas mata memandang. Danau 3 warna dieng juga terlihat dari sini memancarkan keindahan warnanya yang berbeda. Untuk sampai ke pos 3 butuh waktu 1 jam berjalan santai.
Menuju Pos 3 Gunung Prau
Pos 3 Gunung Prau
Di pos 3 ini tidak ada warung seperti dibawah,hanya Ada plat bertuliskan pos 3. Curam sekali kalau mau istirahat disini jadi kami memutuskan untuk melanjutkan perjalanan. Untuk menuju camp sunrise tidak jauh dari pos 3 namun jalurnya juga semakin terjal, jalur yang hampir tegak itu juga sangat licin. Sebelum sampai di tempat camp kami melewati susunan bambu seperti tangga yang memudahkan pendaki berjalan diatasnya. Sekitar 30 menit dari pos 3 sampailah kami di tempat camp. Tidak terlalu ramai Karena ini 18 agustus hehehe, disaat membuka tenda tiba tiba hujan deras turun. Apes sekali rasanya…
Menu Makan
Setelah tenda berdiri kami bersih2 badan kemudian mulai memasak, udara tidak dingin mungkin karena hujan. Menu makan malam kami saat itu ayam goreng,Tempe tepung, nasi Dan mie goreng. Mantap sekali rasanya di gunung bisa makan enak… Hujan terus mengguyur sampai makan malam selesai, saat reda kami keluar tenda dan menyaksikan lampu kota dan gunung sindoro di seberang gunung prau ini.. Tidak rugi perjalanan dari Surabaya kesini kalau pemandangannya seindah ini he he…Malam semakin larut membuat kami kembali ke dalam hangatnya sleeping bag..
Hari ke 3
Pemandangan dari atas gunung prau
Jam 3 aku terbangun karena kelaparan,aku bangunkan teman teman untuk mulai memasak sarapan. Nugget , mie,dan sambal jadi menunya karena praktis..tidak lupa kopi panas juga menemani kami memasak pagi itu..
Setelah makan kami keluar tenda untuk menikmati golden sunrise gunung prau yang terkenal ini… Pemandangan seperti ini tidak bisa digambarkan dengan kata…
Siangnya kami turun lagi melalui patak banteng kemudian sebelum pulang kami mampir dulu ke jogja untuk menikmati angkringan kopi Lek man belakang stasiun tugu. Pulang dari stasiun tugu jam 12 malam menggunakan taksi ke terminal giwangan dan naik bus sugeng rahayu (sumber group) dengan tarif KL 51.000…
Pemandangan dari atas gunung prau
Rincian Biaya Perjalanan dari Surabaya ke Gunung Prau
Biaya Berangkat
Rumah – Bungurasih 6.000
Surabaya – Jogja 55.000 (MIRA)
Jogja – Magelang 13.000
Magelang – Jogja (jombor) 11.000
Jombor – Malioboro 3.000
Malioboro – Terminal Giwangan (Taksi) 60.000/5 = 12.000
Terminal Giwangan Jogja – Surabaya Bungurasih 51.000 (Sugeng Rahayu)
Bungurasih – Rumah 6.000
Total Biaya Pendakian Gunung Prau Rp 247.000
Semoga perjalanan kami ke gunung prau ini bisa bermanfaat bagi para pembaca..
Panjang umur para penikmat ketinggian!!