5 Gunung di Jawa Tengah yang Harus Didaki Pemula

Gunung di jawa tengah adalah salah satu yang paling banyak di Indonesia. Jawa Tengah punya berbagai macam gunung dengan ketinggian yang berbeda beda ,mulai dari 1000an mdpl sampai 3000 mdpl lebih . Gugusan gunung di Jawa Tengah membentang dari Gunung Muria di bagian timur jawa tengah di kawasan kudus sampai gunung slamet di bagian barat di kabupaten Purbalingga dan sekitarnya. Nah karena banyaknya gunung di jawa tengah jurnal pejalan akan memberikan informasi mengenai 5 gunung di jawa tengah yang harus didaki pemula. Berikut 5 gunung di jawa tengah itu :

1.    Gunung Andong

Gunung di jawa tengah yang paling cocok untuk pemula adalah Gunung Andong. Jalur Pendakian Gunung Andong yang ada di Kabupaten Magelang Jawa Tengah ini hanya punya ketinggian sekitar 1.726 meter diatas permukaan laut.
Namun pesona gunung andong yang tergolong tidak seberapa tinggi ini tidak bisa diremehkan , pemandangan yang disajikan oleh Gunung Andong tetap tidak akan kalah dengan gunung-gunung di jawa tengah lainnya yang memiliki ketinggian lebih dari 3.000 mdpl
Basecamp pendakian Gunung Andong berada di kecamatan Ngablak, Magelang. Karena sekarang gunung andong ini semakin terkenal, saat ini telah dibuka beberapa jalur pendakian lain selain jalur utama. Adapun jalur utama dan paling sering digunakan untuk melakukan pendakian ke Gunung Andong adalah melalui Desa Sawit. Tidak seperti yang dibayangkan, untuk menuju ke desa basecamp gunung andong ini tidak terlalu sulit. Lokasi desanya tidak terlalu tinggi sehingga kendaraan biasapun bisa sampai kesana
Meskipun ketinggian gunung andong tidak sampai 2.000 mdpl, pendakian ke Gunung Adong tetap membutuhkan persiapan yang matang. Baik persiapan alat maupun fisik. Kita tidak boleh meremehkan pendakian gunung meskipun sudah sering mendaki. Sumber Foto Instagram semut.abang

2.    Gunung Lawu

Umumnya pendakian gunung lawu bisa dilakukan dari dua jalur atau basecamp. Kedua jalur tersebut adalah jalur pendakian cemorokandang di Tawangmangu, Jawa Tengah, dan jalur pendakian Cemorosewu di Sarangan, Jawa Timur. Kedua jalur Pendakian gunung di jawa tengah baik melalui Cemorosewu atau cemoro kandang juga akan melewati 5 shelter. Hanya saja di Cemorosewu jalurnya agak sedikit sulit sangat menanjak apabila dibandingkan Cemorokandang. Tapi waktu pendakian ke puncak bisa lebih singkat.
Cerita misteri di gunung lawu yaitu ada cerita bahwa Raden Brawijaya menghilang di gunung lawu, tepatnya di hargo dalem, salah satu puncak lawu. Oleh karena itu ramai sekali penziarah yang datang ke gunung ini, khususnya malam 1 suro. Ada satu lagi legenda gunung lawu yaitu warung Mbok Yem . Mbok Yem adalah seorang penjual makanan di gunung lawu. Letaknya benar-benar di atas gunung lawu dekat jalur menuju puncak, makanya banyak yang menyebut warung di atas awan. Di sini kamu bisa makan makanan sederhana seperti nasi soto, mie instant, nasi telur dan nasi pecel. Ada juga TV dan radio disini.
Gunung lawu punya 3 puncak. Ketiga pucak gunung lawu yaitu puncak hargo dalem, hargo dumiling dan hargo dumilah. Yang tertinggi dari ketiga puncak itu adalah hargo dumilah. Biasanya yang menjadi jujukan pendaki adalah puncak tertinggi, puncak hargo dumilah.Sumber foto Instagram radityz

3.    Gunung Merbabu

Kalau anda termasuk pendaki gunung yang doyan foto-foto. Gunung di jawa tengah khususnya Merbabu pasti salah satu tujuan favorite kamu untuk melakukan pendakian. Gunung Merbabu yang memiliki tinggi  3145 mdpl ini punya pemandangan yang indah sekali . Saat kita berada di puncak gunung merbabu ini maka kita akan bisa melihat gunung-gunung lain seperti gunung Merapi, Sumbing, Sindoro, Slamet, Prau dll. Jalur Pendakian ke puncak gunung Merbabu bisa dilakukan melalui beberapa jalur seperti selo, wekas dan tekelan. Yang terdapat sumber airnya ada di jalur wekas, sementara salah satu jalur pendakian gunung Merbabu yang paling terkenal adalah Selo. Menurut beberapa pendaki yang pernah melakukan pendakian gunung Merbabu melalui beberapa jalur, view yang disajikan jalur Selo adalah yang paling indah. Dari jalur ini para pendaki bisa melihat gunung Merapi yang tampak begitu gagah di hadapan mata. Jalur Selo juga menawarkan pesona yang indah pada malam hari. Namun menurut saya saat camp di sabana jalur selo, dinginnya sangat menusuk dibanding camp di pos 2 jalur wekas.

4.    Gunung Prau

Jalur Pendakian Gunung Prau bisa ditempuh dengan beberapa macam Jalur Pendakian. Apabila kita mau lewat jalur utara gunung prau kamu bisa lewat Kabupaten Kendal, misalnya dari Desa Genting Gunung, Desa Balong, Desa Kenjuran yang berada di Kecamatan Sukoreja. Jarak tempuh perjalanan mendaki gunung prau melewati jalur Utara ini kurang lebih memakan waktu 6 Jam perjalanan.
Pada pendakian gunung prau Jalur selatan bisa lewat Dataran Tinggi Dieng atau Desa Patak Banteng. Durasi perjalanan melalui jalur ini sangat singkat, yaitu hanya memakan waktu sekitar 3 Jam perjalanan. Nah ini adalah jalur yang paling popular bagi pendaki gunung di jawa tengah.
Di gunung prau ini ada yang dijuluki Bukit Teletubies. Bukit ini dijuluki bukit teletubies karena bentuk bukit ini menyerupai tempat acara TV Teletubies, warna hijau segar pada bukit bukit yang timbul tenggelam membuat siapa saja yang memandang berasa ingin berlarian berguling-guling di atasnya. Selain itu juga ada Taman Bunga Daisy yang memanjakan arah pandang kamu jika mendaki Gunung Prau pada musim kemarau, dimana musim bunga Daisy yang banyak tumbuh di Gunung Prau mulai bermekaran.
Saat yang cocok untuk mendaki gunung prau adalah di musim kemarau. Saat jarang turun hujan dimana jalur pendakian cenderung kering tidak becek, serta akan jauh lebih mudah mencari lokasi yang strategis dengan kondisi tanah yang bersahabat sebagai area untuk mendirikan tenda. Pemandangan sunrise dari Gunung Prau pun akan jauh lebih menarik saat langit tidak tertutup mendung.

5.    Gunung Ungaran

Gunung di jawa tengah yang cocok didaki untuk pemula selanjutnya adalah Gunung Ungaran . Gunung ini memiliki ketinggian 2050 mdpl, kondisi gunung ungaran masih diselimuti hutan lebat dan banyak terdapat tempat-tempat wisata, maupun tempat-tempat keramat yang sangat menarik untuk dikunjungi. Pemandangan di puncak Gunung Ungaran sangat indah kita bisa melihat Gunung Merbabu yang sangat kokoh dan besar saat di lihat dari atas puncak Gunung Ungaran.
Gunung Ungaran terletak di sebelah Selatan dan Barat Daya kota Semarang jaraknya sekitar 40 Km, tepatnya berada di kabupaten Semarang. Gunung Ungaran adalah gunung berapi. Gunung ini terdiri dari tiga buah gunung yakni Gunung Gendol, Gunung Botak, dan Gunung Ungaran. Puncak tertinggi Gunung Ungaran memiliki ketinggian 2.050 mdpl. Gunung Ungaran ini mempunyai tiga jalur pendakian sampai puncak yakni jalur candi Gedung Songo, jalur Jimbaran, dan jalur Medini. Dari tiga jalur tersebut yang sering di lewati pendaki yakni jalur candi Gedung Songo dan jalur Jimbaran.
Untuk menuju puncak Gunung Ungaran ini dibutuhkan waktu sekitar 5 jam dari candi Gedung Songo, atau sekitar 8 jam dari Jimbaran. Gunung ini dapat didaki dari Jimbaran – Ungaran, atau dari Taman Wisata Candi Gedung Songo – Ambarawa. Bagi anda yang berasal dari Jawa Barat dan Jawa Timur bisa menuju ke gunung ungaran dengan kereta api, dari jawa barat naik kereta api Tawang Jaya dari stasiun Senen Jakarta menuju stasiun Poncol Semarang. Kalau dari Jawa Timur naik kereta api dari stasiun pasar turi menuju Poncol Semarang. Nah setelah tiba di stasiun poncol ini kita naik bus kota menuju terminal Terboyo kemudian dilanjutkan dengan bus kecil jurusan Bandungan.

Leave a Reply

Select Language