Manfaat Buah Kurma dalam Pendakian

 

Manfaat Buah Kurma dalam Pendakian
Manfaat Buah Kurma dalam Pendakian

Pada saat mendaki di gunung rinjani banyak saya lihat biji-biji buah kurma yang dibuang di beberapa pos pendakian. Rupanya ada rombongan bule yang mengandalkan buah kurma untuk dikonsumsi selama melakukan pendakian di Gunung Rinjani . Menurut porter si bule tersebut Kata bule itu kurma dapat menggantikan energinya lebih cepat. Nah ternyata buah kurma sangat efisien digunakan sebagai penambah energy saat pendakian. Buah kurma yang kecil bisa ditaruh di saku dan bisa dikonsumsi selama perjalanan. Tidak memakan banyak tempat adalah salah satu kelebihan buah kurma. Dalam artikel www.gunung.xyz kali ini akan membagikan beberapa manfaat dari buah kurma dalam pendakian :

  1.     Kurma adalah buah penambah energi yang paling baik. Kurma mengandung zat gula yang tinggi yaitu antara 75-87% dan glukosanya sebanyak 55%, fructose (fraktosa) 45% lebih tinggi dari jumlah protein, minyak dan beberapa vitamin (seperti vitamin A, B2, B12), dan sejumlah zat penting laen kayak kalsium, phosphor, potassium, sulfur, sodium, magnesium, cobalt, seng (zinc), florin, nuhas (tembaga), salyolosa, dan sebagainya. Fraktosa bakal diubah jadi glukosa dengan cepat dan langsung diserap oleh organ pencernaan, lantas dikirim ke seluruh tubuh, khususnya ke organ-organ inti seperti otak, syaraf, sel darah merah, dan sel pembersih tulang.
  2.     Kurma mempunyai kandungan Gula-gula monosakarida sehingga mudah di cerna oleh tubuh. Kurma bahkan mampu meningkatkan kebasahan lambung yang terlalu asam setelah 13-14 jam tak memperoleh makanan dan minuman. Nah biasanya dalam pendakian tiba tiba kita jadi malas makan kan ? Kurma ini bisa menambah nafsu makan.
  3.     Apabila dibandingkan dengan nasi yang penyerapan dalam tubuh membutuhkan waktu berjam-jam, penyerapan gula kurma di dalam tubuh cukup cepat. Yakni, hanya sekitar 45-60 menit
  4.     Kurma merupakan makanan yang mudah dicerna dan juga mengandung gula dan air dalam satu makanan.
  5.     Dalam kurma juga terdapat asam salisilat yang biasanya digunakan sebagai bahan baku aspirin. Asam salisilat mencegah pembekuan darah, anti inflamasi (radang) dan menghilangkan rasa ngilu maupun nyeri.
  6.     Buah padang pasir ini juga mengandung berbagai vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Vitamin A, thiamin, riboflavin, zat besi, vitamin B berada dalam buah kurma. Riboflavin dan niasin misalnya, akan membantu melepaskan energi dari makanan, sementara thiamin membantu melepaskan energi dari karbohidrat. Vitamin A dan niasin memainkan peranan dalam membentuk dan memelihara kulit yang sehat. Thiamin penting bagi sel-sel saraf, sementara niasin menjaga fungsi normal saraf.
  7.     Namun buah kurma sebaiknya tidak dimakan oleh mereka yang memiliki penyakit diabetes. Bukannya membaik, kurma akan membuat kadar gula penderita diabetes yang sudah cukup tinggi menjadi lebih tinggi.
  8.     Buah kurma merupakan buah yang ringan untuk di bawa dalam pendakian, manfaatnya lebih banyak ketimbang beratnya.
  9.     Buah kurma memiliki usia kadaluwarsa/basi yang lama. Sebulan pun tak akan basi.
  10.     Saat istirahat dalam pendakian, kurma juga makanan yang praktis & cepat untuk di konsumsi, tidak perlu perlakuan khusus (Tinggal Lep) hahaha
  11.     Dalam pendakian jika ingin kurma tetap dalam kondisi baik, ada baiknya kalau kurma di letakkan dalam sebuah wadah yang terlindungi seperti kotak makan atau wadah rokok yang terbuat dari seng biar tidak penyet dan tertekan didalam tas.

Itulah tadi poin-poin tentang manfaat buah kurma dalam pendakian . Pada saat membawa kurma maka sampah yang di hasilkan hanyalah biji kurma. Sehingga aman bagi alam, tidak mengotori dan membebani alam. Selain tips tadi ada poin terpenting yang tidak boleh dilewatkan saat membawa buah kurma ke gunung, yaitu mohon bagilah kurma yang kamu bawa dengan teman-teman seperjalananmu agar mereka juga dapat merasakan manfaatnya dan tidak baper melihat kamu makan kurma hahaha. Jangan lupa share manfaat buah kurma dalam pendakian dan Semoga perjalanan kalian menyenangkan !

Leave a Reply

Select Language