Memegang Teguh Kode Etik Pecinta Alam

Memegang Teguh Kode Etik Pecinta Alam
Memegang Teguh Kode Etik Pecinta Alam

Gladian Nasional berhasil merumuskan kode etik pecinta alam. Sebenarnya apa sih Gladian Nasional itu ? Gladian Nasional adalah sebuah pertemuan besar pecinta alam dari seluruh Indonesia. Menurut bahasa berasal dari kata “gladi” (bahasa Jawa) yang mempunyai arti “latihan” sehingga Gladian Nasional bisa diartikan sebagai “ajang latihan” bagi para pecinta alam guna meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan dalam bidang kepecintaalaman dan kegiatan alam bebas. Gladian Nasional juga berperan sebagai wahana silaturahmi dan berbagi pengetahuan antar perkumpulan pecinta alam se Indonesia.

Pada awalnya kegiatan ini diadakan oleh WANADRI sebagai ajang latihan bagi anggotanya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dalam gladian ini antara lain mountaineering, pengenalan SAR, acara kekeluargaan, serta tukar menukar informasi dan pengalaman. Selain anggota WANADRI dalam kegiatan ini diundang pula beberapa perhimpunan- perhimpunan pencinta alam dan pendaki gunung yang ada di Jawa.

Dalam acara gladian yang kemudian dikenal sebagai Gladian Nasional I ini hadir 109 orang dari 18 perhimpunan. Pada kesempatan itu pula akhirnya disepakati bersama untuk menyelenggarakan gladian-gladian selanjutnya sebagai media pertemuan dan latihan pencinta alam dan pendaki gunung di Indonesia.

Salah satu Gladian Nasional yang fenomenal adalah Gladian Nasional IV yang berlangsung di Sulawesi Selatan di mana dalam gladian ini berhasil disepakati Kode Etik Pecinta Alam Indonesia yang masih dipergunakan oleh berbagai perkumpulan pecinta alam di Indonesia hingga sekarang.

Untuk mengingatkan kita semua khususnya pada saya sendiri, apa sebenarnya tujuan pergerakan ke-pencinta alam-an. Aku berharap semoga seluruh rakyat indonesia memiliki jiwa yang bersih bebas dari musyrik, ketamakan, kesombongan, kemarahan, individualisme, hedonisme dan hura-hura. Sehingga menjadi manusia seutuhnya yang dapat memberikan kontribusi bagi bangsa ini.

Berdasarkan Kamus Besar Basaha Indonesia, pengertian kode etik adalah norma dan asas yg diterima oleh kelompok tertentu sbg landasan tingkah laku.

Kode etik pecinta alam Indonesia dicetuskan dalam kegiatan Gladian Nasional Pecinta Alam IV yang dilaksanakan di Pulau Kahyangan dan Tana Toraja pada bulan Januari 1974. Gladian yang diselenggarakan oleh Badan Kerja sama Club Antarmaja pencinta Alam se-Ujung Pandang ini diikuti oleh 44 perhimpunan pecinta alam se Indonesia.

Kode etik pecinta alam Indonesia ini, sampai saat ini masih dipergunakan oleh berbagai perkumpulan pecinta alam di seluruh Indonesia.

Bunyi dari kode etik pecinta alam Indonesia adalah sebagai berikut:

Pecinta Alam Indonesia sadar bahwa alam beserta isinya adalah ciptaan Tuhan Yang Maha Esa

Pecinta Alam Indonesia adalah bagian dari masyarakat Indonesia sadar akan tanggung jawab kepada Tuhan, bangsa, dan tanah air

Pecinta Alam Indonesia sadar bahwa pecinta alam adalah sebagian dari makhluk yang mencintai alam sebagai anugerah yang Mahakuasa

Sesuai dengan hakekat di atas, kami dengan kesadaran menyatakan :

1. Mengabdi kepada Tuhan Yang Maha Esa

2. Memelihara alam beserta isinya serta menggunakan sumber alam sesuai dengan kebutuhannya

3. Mengabdi kepada bangsa dan tanah air

4. Menghormati tata kehidupan yang berlaku pada masyarakat sekitar serta menghargai manusia dan kerabatnya

5. Berusaha mempererat tali persaudaraan antara pecinta alam sesuai dengan azas pecinta alam

6. Berusaha saling membantu serta menghargai dalam pelaksanaan pengabdian terhadap Tuhan, bangsa dan tanah air

7. Selesai.

Disyahkan bersama dalamGladian Nasional ke-4

Ujung Pandang, 1974

Pukul 01.00 WITA.

Dengan dikeluarkannya kode etik Pecinta Alam tersebut, menurut saya Pecinta alam harus dipahami sebagi sebuah Ideologi, petualangan adalah manifestonya (pernyataan sikap sebuah kelompok yang diumumkan kepada publik dan biasanya bermuatan politis), dan eco lifestyle adalah gaya hidupnya. Ketika 3 hal tersebut diatas sudah kita pahami bersama, sepakati bersama, dan menjadi komitmen bersama untuk dijalankan, lalu dijalankan,,ditambah dengan pemanfaatan berbagai media untuk menyebarkannya,maka terjadilah sebuah perubahan tatanan dunia ke arah yang lebih baik. Demikian pembahasan tentang Kode Etik Pecinta Alam , semoga tidak lupa menyisipkan dalam susunan acara pada setiap kegiatan/upacara.. PembacaanKode Etik Pencinta Alam.

 

Leave a Reply

Select Language