Dari Surabaya ke Gunung Merapi via New Selo




Pendakian bersama sama teman seperjuangan di bangku kuliah adalah pendakian yang selalu aku nantikan. Berbagai rencana yang kami susun seringkali tidak dapat terlaksana karena terkendala jadwal kuliah yang tidak mengikuti jadwal bermain kami. Tepat seminggu setelah mendaki gunung butak di malang, Cikasur melanjutkan pendakian ke gunung merapi yang katanya gunung berapi paling aktif di dunia. Aku berangkat bersama sudis, fajar kris, rudy, risky dan muainul dari Surabaya dan akan bertemu  teman dari Manajemen UNDIP dadang dan 2 temannya di terminal Boyolali.


Terminal Bungurasih
Terminal Bungurasih

Perjalanan dimulai dari Surabaya dengan motor kami menuju ke terminal purabaya / bungurasih kemudian menitipkan dan masuk ke terminal keberangkatan Antar Kota Antar Propinsi. Untuk sampai ke boyolali kami harus naik bis jurusan solo , Bis berangkat jam 11 malam dengan harga tiket bis Surabaya – Solo 40.000 rupiah . Perjalanan luar kota dengan menggunakan bis tidak direkomendasikan untuk orang yang punya penyakit jantung. Sopir bis Sugeng Rahayu terus memacu bis meskipun jalanan ramai, nyaris beberapa kali kecelakaan sampai penumpang berteriak malam itu. Kami memutuskan untuk tidur sampai di terminal Solo.

Sampai di terminal solo jam 6 pagi kami santai sebentar di depan terminal sampai ada minibus yang menghampiri dan menawarkan kendaraan dari terminal Solo ke perijinan basecamp gunung merapi dengan harga 30.000 rupiah, kami tidak langsung menyetujuinya. Setelah menimbang manfaat yang didapat lebih banyak bila naik minibus itu akhirnya kami naik . Dengan minibus kami menuju ke terminal boyolali untuk menghampiri teman teman dari UNDIP semarang. 1 jam perjalanan dibutuhkan untuk sampai ke terminal boyolali. Disini kami sarapan dan santai sejenak, harga makanan disini murah sekali nasi kucing 2000 dan gorengan 500. Biasanya di Surabaya 2x lipatnya. Kenek minibus memanggil kami mengingatkan agar segera berangkat, kami langsung saja masuk dan minibus segera berangkat. Aku dan temanku minta diturunkan sebentar di pasar dekat Selo untuk membeli sop-sop an , tempe dan bakso sebagai bekal diatas nanti. Perjalanan dilanjutkan hingga hampir sampai basecamp ada calo naik ke minibus dan mengatakan harus nambah 5000 agar diantar sampai atas, mau tidak mau kami menambah 5000 agar diantar sampai basecamp barameru gunung merapi.

Basecamp Barameru
Basecamp Barameru Gunung Merapi

Basecamp barameru ada di kiri jalan berwarna biru, perijinan membayar 16.000 per orang dengan jaminan KTP. Meskipun di gunung disini daerah sulit air, untuk mengisi botol air yang kosong aku harus ke wc umum dan mengisi air disitu. Jam 9.30 pagi kami memulai pendakian, jalan awal yaitu tanjakan curam jalan beraspal, sekitar 15 menit perjalanan menuju ke New Selo. Dari New Selo ada jalur cor yang bisa dilewati motor biasanya digunakan warga sekitar mengambil rumput. Jalan cor berganti tanah dan terus menanjak, sekitar 1 jam perjalanan sampailah kami di pintu hutan gunung merapi. Di pintu hutan ini terdapat pos yang bisa digunakan untuk beristirahat. Ketinggian 2072mdpl.

Jalan Cor New Selo
Jalan Cor New Selo
Pos 1 Gunung Merapi
Pos 1 Gunung Merapi
Bangunan Pos 1 Gunung Merapi
Bangunan Pos 1 Gunung Merapi

Dari Gerbang Taman Nasional Gunung Merapi ke Pos 1 jalanan terus menanjak tajam , tidak ada bonus sama sekali, di tengah perjalanan ke pos 1 ada cabang ke kiri, jalan ke kiri itu agak landai. Tapi jika ragu karena belum pernah sebaiknya ambil jalan lurus saja. 45 menit berjalan sampai juga di pos 1. Ada bangunan dengan coretan coretan vandalisme di atapnya. Istirahat minum sebentar kemudian kami lanjutkan lagi perjalanan ke pos 2. Jalan menuju pos 2 awalnya tanah kemudian susunan batu batu besar yang membuat kadang kita harus merayap untuk melewatinya. Pemandangan sudah mulai ketara indahnya dalam perjalanan ke pos 2. Burung jalak gunung terus mengawal perjalanan sampai ke pos 2. Di pos 2 ini tidak ada bangunan, ada tempat untuk mendirikan 2 tenda disebelah kanan jalur pendakian. Waktu tempuh dari pos 1 ke pos 2 yaitu sekitar 45 menit.


Pos 2 Gunung Merapi
Pos 2 Gunung Merapi
Jalur menuju Pasar Bubrah
Jalur menuju Pasar Bubrah

Dari pos 2 ke pasar bubrah jalur mulai terbuka, pohon pohon berganti semak belukar di kanan kiri jalur pendakian. Sepanjang jalur menuju pasar bubrah banyak sekali orang yang mendirikan tenda karena banyak tempat datar. Untuk menuju pasar bubrah harus melewati beberapa tanjakan curam kemudian turun ke pasar bubrah yaitu berupa daerah berbatu yang datar dan berada tepat di bawah puncak gunung merapi. Dari pos 2 ke pasar bubrah memakan waktu sekitar 45 menit saja. Sekitar jam 2 siang kami sudah sampai di pasar bubrah. Kami mencari dataran yang tidak berbatu dan menggelar 2 tenda kami. Sebelum memasak kami menghitung jumlah air yang tersisa, ternyata tidak banyak hingga memaksa kami menghemat minum. Siang itu menu makanan adalah nasi + sop .. saat memasak sop terjadi sebuah tragedy yaitu kuahnya tumpah di dalam tenda sampai habis.. sedapnya kuah sop hanyalah sebuah angan…

Tempat Camp Pasar Bubrah
Tempat Camp Pasar Bubrah

Cuaca mendung saat itu dan tidak ada angin ,kami semua terlelap hingga jam 7 malam. Ramai diluar tenda membangunkan kami. Ternyata banyak orang yang baru datang dan memasang tenda disekitar tempat camp kami saat itu. Keluar tenda ternyata di merapi tidak sedingin gunung-gunung lainnya. Merapi hangat malam itu. Masak nasi, tempe goreng dan sarden dan memakannya dengan lahap dan menggelar jas hujan untuk dijadikan tadah hujan, berharap hujan turun deras saat kami tidur nanti. Kemudian melanjutkan beristirahat dibalik kantong tidur pendaki / sleeping bag.

Menuju Puncak Gunung Merapi
Menuju Puncak Gunung Merapi
Rehat Sejenak
Rehat Sejenak
Mengabadikan Momen
Mengabadikan Momen

 

Ramainya Puncak Gunung Merapi
Ramainya Puncak Gunung Merapi

 

Ekonomi Islam Unair 13 di Puncak Gunung Merapi
Ekonomi Islam Unair 13 di Puncak Gunung Merapi

Paginya kami bangun jam 4 pagi melihat keluar sudah banyak pendaki yang naik, sinar headlamp terlihat berjalan membentuk sebuah garis cahaya. Kami segera bersiap kemudian mulai naik ke puncak jam 5 pagi. Jalur ke puncak sudah jelas, mirip dengan jalur puncak semeru cuman beda jaraknya disini tidak terlalu jauh. Setelah medan berpasir kemudian disusul oleh susunan batuan hingga ke puncak. Kami sampai di puncak jam 5.40 pagi, sudah ramai sekali pagi itu di puncak gunung merapi. Alhamdulillah kami semua dari Ekonomi Islam Unair dan Manajemen UNDIP bisa sampai ke puncak gunung merapi. Puncak gunung merapi tidak terlalu luas, kawah yang dalam menganga bila kita melihat kebawah. Terlihat juga puncak garuda yang berdiri dengan sombong karena sudah memakan korban. Arah berlawanan dari puncak yang bisa didaki ada puncak yang mengepulkan asap terus menerus, itulah puncak aktif gunung merapi. Gunung merbabu menjadi pemandangan selama perjalanan menuju puncak hingga ke puncak, tidak lama kemudian kabut datang hingga jarak pandang hanya 5 meter. Kami pun segera turun ke pasar bubrah, berkemas kemudian turun ke perijinan basecamp barameru.

Rincian Biaya Pendakian Gunung Merapi :
Tiket Bis PP Surabaya Solo                         = 80.000
Solo – Perijinan Merapi (carter minibus)      = 35.000
Perijinan Pendakian Gunung Merapi           = 16.000
Perijinan – Boyolali                                      = 28.000
Boyolali – Solo                                             = 10.000
Makan                                                         = 50.000
Parkir Bungurasih                                         = 12.000

Total : Rp 231.000



Leave a Reply