Bagaimana Cara Packing yang Benar dan Efisien ?

Packing peralatan, baju, bekal, dll ke dalam 1 tas/backpack/karier menurut saya tidak gampang, kalo bisa jangan sampai ada yang ditenteng, mau pendakian atau sekedar kemping ceria. Nah masalahnya adalah, Bagaimana Cara Packing yang Benar dan Efisien ? Gimana cara masukin semua tuh barang barang ke dalam 1 wadah, ga asal di paksa di muat muatin. Harus dipikirkan mana yang paling berat, mana yang mau dipake duluan atau belakangan, mana yang dimasukin duluan/belakangan, mana yang ditaruh di kantong luar, dll.

 
 
Dari gambar diatas ini kita bisa mengetahui Bagaimana Cara Packing yang Benar dan Efisien.

Bagian warna merah adalah bagian yang paling berat, saya biasanya menaruh air,beras,kompor,dan barang berat lainnya di bagian paling dekat dengan punggung agar beban berat menempel pada punggung / tidak terayun ayun saat berjalan

Bagian warna orange yang tidak seberapa berat biasanya saya isi dengan tenda, jadi diletakkan di bagian terluar tas yang pas dengan punggung.

Bagian warna kuning, barang yang tidak seberapa ringan . Ini seperti sleeping bag, baju ganti, dll. Biasanya diletakkan di bagian paling bawah karena memang biasanya dibutuhkan terakhir pas di camp site.

Bagian warna hijau, barang yang paling ringan ini harus diletakkan menjauhi punggung. Barang yang paling ringan ini contohnya headlamp,madu sachet,obat-obatan,ponco plastic dll yang diletakkan di bagian atas tas agar mudah dijangkau.

Terus dimakah meletakkan matras ? Kalau kamu terbiasa menggulung matras untuk dijadikan pembentuk tas karier sebaiknya hentikan kebiasaan itu karena menyita banyak tempat di tas . Ada matras aluminium yang packingnya lebih ringkas dan efisien.
Tetapi kembali lagi…
Packing itu seni tersendiri.
setiap orang beda rasa dan beda gaya, tapi gak ada salahnya mencontek Cara Packing yang Benar dan Efisien ini.
Bentuk dan fasilitas yang ada di karier juga mempengaruhi. Karier yang punya saku samping tentu sedikit berbeda cara packingnya dengan karier yang gak punya saku samping.
Begitu juga dengan karier yang punya akses resleting kompartemen bawah karier sama yg gak ada.
Dan yang paling penting, sesuaikan dengan kondisi anda ditambah kondisi area yg akan dijelajahi.Pintar pintar memilih barang bawaan, jangan sampai mubazir dan akhirnya overload, anda sendiri yg akan menderita  Perhitungkan manajemen perjalanan dengan baik..

Leave a Reply

Select Language