Catatan Perjalanan Gunung Penanggungan via Tamiajeng

Gunung Penanggungan adalah gunung yang terletak di wilayah Mojokerto, Jawa Timur. Gunung dengan ketinggian 1600Mdpl ini ramai dikunjungi pada saat Weekend dan hari libur. Yang membuat Gunung Penanggungan begitu menarik untuk di daki yaitu lokasinya yang dekat dengan kota-kota besar seperti Surabaya-malang-sidoarjo-gresik, waktu untuk sampai ke puncak juga tidak terlalu lama kurang lebih 3 jam dan pemandangan yang indah yaitu pemandangan Gunung Arjuna dan Gunung Welirang . Konon katanya gunung penanggungan ini adalah Puncak Gunung Semeru yang asli .Kendala mendaki gunung Penanggungan adalah tidak adanya sumber air di atas gunung.
 
 
Pos perijinan Gunung Penanggungan berada di depan Ubaya Training Centre. Mulai tahun 2014 akhir sudah dikenakan tiket masuk yaitu Rp 7rb dan penitipan motor 4rb permalam. Aku mendaki bersama temanku berdua saja jadi naik motor. Trek awal yang dilalui yaitu melintasi jalan setapak dengan perkebunan warga dikanan dan kiri, jalurnya belum menanjak bahkan cenderung menurun . Setelah melewati perkebunan tanjakan pun dimulai, Trek Gunung Penanggungan ini termasuk trek berat meskipun waktu tempuhnya tidak lama. Jalannya sangat curam tanpa ada bonus. Ditambah saat itu cuaca sedang panas-panasnya.
Trek Awal
 
Istirahat sebentar
 
Plang jangan buang sampah
 
Jalur Air
Satu jam berjalan menanjak kita akan bertemu dengan jalur yang menyempit, aku menamainya Jalur Air. Karena memang saat musim hujan pada jalur air ini dilewati air yang sangat deras. Ini menandakan bahwa kita sudah melakukan setengah perjalanan. Banyak hewan-hewan liar seperti monyet dan ayam hutan di Gunung Penanggungan, bahkan bila beruntung kalian bisa bertemu macan kumbang. Cacing -cacing seukuran ibu jari juga mudah dijumpai di jalur air ini saat musim hujan.
 
Jalan Puncak Terbakar
Setelah dua jam berjalan sampai juga di Puncak Bayangan Gunung Penanggungan, disini adalah tempat Camp bagi pendaki . Saat aku kesana baru saja terjadi kebakaran hingga jalan menuju puncak semuanya hangus. Di Puncak Bayangan ini aku beristirahat sebentar hanya untuk minum dan makan roti, sambil melihat Gunung Arjuno dan Gunung Welirang di seberang yang diselimuti asap, terbakar juga rupanya Gunung itu…
 
Trek Menuju Puncak
 
Perjalanan ke Puncak Gunung Penanggungan tidak mudah, jalurnya sangat curam. Batu dan pasir adalah trek yang akan kita lewati. Hangusnya jalan menuju puncak ini membuat banyak jalur menuju puncak terbuka. Aku bisa bebas memilih jalur, tapi harus tetap berhati-hati agar tidak salah tujuan.
 
Trek Puncak
 
10 Menit sebelum puncak ada Goa kecil yang bisa dipakai oleh pendaki untuk berteduh saat hujan, kalau dipaka menginap rasanya tidak enak karena terlalu kecil. Goa ini terletak dibawah batu-batu besar sebelum puncak gunung. Setelah melewati Goa jalur mulai landau sedikit dan jalan ke puncak sudah benar-benar Nampak.
 
Akhirnya sampai juga di Puncak. Puncak Gunung Penanggungan memiliki ketinggian 1600Mdpl. , dari atas sini kita bisa melihat Gunung Arjuno dan Gunung Welirang lebih jelas lagi. Aku segera membuka bekal yang sudah dibawa dari rumah dan berpesta disini. Sepi sekali saat itu di Puncak Gunung Penanggungan. Ini adalah pertama kalinya aku mendaki gunung penanggungan.
 
Makan Bekal
 
Puncak Gunung Penanggungan
 
Pose di Puncak
 
Puncak Gunung Penanggungan
 
Kawah Mati
 
Gunung Penanggungan punya kawah mati, ada satu makam yang tidak diketahui identitasnya disana. Aku lihat kawah mati ini juga terbakar habis dan hanya menyisakan hitam saja. Setelah puas berfoto kami pun turun dari puncak. Di bawah puncak di sekitar goa ada batu yang bagus sebagai spot foto. Perjalanan turun terasa sangat cepat karena kami sedikit berlari. Sampai di perkebunan penduduk aku bertemu mbak Novi yang menulis buku tentang Gunung Penanggungan. Kembang Seruni Merajut Nusantara judulnya. Demikian catatan perjalanan mendaki gunung penanggungan via tamiajeng. Semoga pendakian kalian menyenangkan
 


Batu Pose
 
Keren
 
Turun Gunung
 
Arjuno Welirang Terbakar
 
Lari yuk…
 
Bersama mbak Novi

No Responses

Leave a Reply

Select Language